Cara Merawat Bayi: Mengatur Cahaya Lampu

Berbicara mengenai proses tumbuh-kembang bayi dan balita, tentunya tidak sebatas pada tumbuh-kembang secara fisik atau motorik saja, namun juga harus memperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya secara psikologis dan emosional, termasuk diantaranya adalah kemampuan kognitif dan kecerdasannya. Tentu saja diperlukan beberapa pengetahuan cara merawat bayi agar pertumbuhan secara fisik dan psikologisnya bisa berjalan seimbang. Menurut pakar psikologis bayi dan anak, dikatakan bahwa salah satu kiat merangsang perkembangan psikologis bayi adalah melalui pengaturan cahaya lampu.

Kegunaan dan Manfaat

Berikut kegunaan dan manfaat cara merawat bayi dengan mengatur cahaya lampu sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Stimulasi. Ketika melakukan stimulasi pada bayi berupa permainan ataupun mengajak bercengkerama, usahakan menggunakan sistem pencahayaan yang terang namun tidak menyilaukan mata. Menurut berbagai penelitian yang pernah dilakukan, stimulasi yang optimal pada usia bayi dan balita akan lebih optimal pada pencahayaan ruangan yang terang daripada pencahayaan yang remang-remang atau temaram.
  2. Penglihatan. Adaptasi penglihatan bayi tergantung pada sistem pencahayaan suatu ruangan. Sistem pencahayaan yang menyilaukan mata bisa mengganggu adaptasi sistem penglihatan, bahkan terkadang gangguan penglihatan seperti sensitifitas cahaya bisa saja terjadi.
  3. Psikologis. Pengaturan sistem pencahayaan ketika bayi hendak berangkat tidur juga dapat mempengaruhi kondisi psikologis bayi. Memang idealnya pencahayaan kamar tidur dibuat tidak terlalu terang, tapi juga tidak terlalu gelap. Pemakaian warna bola lampu juga dapat mempengaruhi kondisi psikologis bayi. Menurut sebuah riset yang pernah dilakukan di Jerman, diungkapkan bahwa warna merah akan merangsang bayi untuk lebih sulit beristirahat dibandingkan penggunaan warna lembut atau netral seperti biru atau putih.
  4. Mental dan Emosional. Ruangan atau kamar tidur yang terlalu gelap bisa saja memicu timbulnya gangguan emosional seperti sering menangis atau perasaan tidur yang kurang nyaman.

Demikianlah kegunaan dan manfaat cara merawat bayi dengan mengatur cahaya lampu yang ternyata mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan bayi secara psikologis, emosional hingga kecerdasannya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.