Cara Menyimpan Obat-obatan Yang Benar

Hampir semua orang dari bayi hingga dewasa pasti pernah meminum obat, baik obat yang memang diresepkan oleh dokter maupun obat luar non resep yang sudah biasa diminum bagi orang dewasa. Namun yang menjadi permasalahan adalah sebenarnya bagaimana cara menyimpan sisa-sisa obat tersebut dengan baik dan benar. Karena ternyata tidak semua orang mengetahui cara benar untuk meyimpan obat-obatan tersebut. Kabanyakan para orang tua hanya mendengar mitos atau sekedar “katanya”. Padahal menyimpan obat tidak boleh sembarangan atau asal-asalan, salah-salah obat tersebut dapat rusak dan menjadi racun sehingga yang meminum akan keracunan obat tersebut. Selain itu dengan menyimpan obat yang benar maka juga akan menghindari dari bahaya penyalahgunaan obat oleh orang salah seperti anak-anak.

Beberapa Tips Menyimpan Obat yang Benar

  • Pastikan tempat penyimpanan obat jauh dari jangkauan anak-anak. Dengan menyimpan obat jauh dari jangkauan anak-anak maka akan terhindar dari: Keracunan obat akibat overdosis, karena anak-anak tidak mengetahui tarakan yang benar. Beberapa kasus anak-anak tersedak karena ingin mencoba-coba obat . Penyalahgunaan obat dewasa yang digunakan pada anak.
  • Tanya dengan jelas setiap fungsi dari obat kalau perlu buat catatan pada label setiap obat tersebut.
  • Simpan obat dalam kemasan aslinya dan harus benar-benar tertutup rapat.
  • Perhatikan benar dan ikuti cara penyimpanan pada petunjuk yang tertera dalam kemasan, jika masih kurang paham dapat ditanyakan pada apotekernya saat pengambilan obat.
  • Simpan obat pada tempat yang sejuk dan terhindar dari matahari langsung.
  • Obat-obatan dalam bentuk cair terutama sirup tidak perlu disimpan dalam lemari pendingin kecuali ada petunjuk etiket tertulis pada brosur yang menjelaskan harus menyimpan obat tersebut dalam lemari  pendingin
  • Hindari menyimpan obat di tempat yang terlalu panas seperti dalam mobil atau di tempat yang terlalu lembab seperti kamar mandi  karena dapat merusak obat tersebut.
  • Jika menggunakan wadah atau container atau organizer untuk menempatkan obat-obatan terutama tablet atau pil, pastikan setiap jenis obat dapat dibaca dan dikenali dengan jelas.
  • Jangan menyimpan obat yang sudah kadaluarsa dan buanglah obat-obatan yang sudah tidak dipergunakan lagi. Sangat penting untuk selalu memeriksa tempat penyimpanan obat dirumah, karena obat yang kadaluarsa tentu akan sangat berbahaya, dan sisa obat-obatan yang diperoleh dari resep dokter  terdahulu juga sebaiknya  dibuang saja untuk mencegah penyalahgunaan dan keracunan obat.

Dengan mengetahui cara menyimpan obat yang benar, maka kita sebagai orang tua tentu tidak akan cemas akan penyalahgunaan obat oleh anak-anak. Semoga bermanfaat.