Cara Menyiasati Balita Susah Minum Susu

Susu adalah makanan yang paling diminati oleh anak-anak. Setiap hari hampir semua anak mengkonsumsi susu. Ada susu putih, susu dengan rasa maupun susu yang dicampur dengan gandum. Tetapi tidak semua anak menyukai susu. Entah karena rasanya atau memang dia memiliki alergi susu. Namun, susu sangat penting bagi pertumbuhan anak, oleh karena itu anak yang sulit minum susu harus bisa dibujuk untuk meminumnya. Bagaimana cara menyiasati balita susah minum susu?

Ibu terkadang kesal jika anak sulit minum susu tetapi anak adalah anak, tidak bisa dipaksa dengan keras. Kita harus mencari cara agar dia terbujuk dan mau dengan keinginannya sendiri untuk meminum susu itu. Anak yang sulit minum susu itu wajar. Sebabnya mungkin ketika anak yang terbiasa minum ASI kemudian harus berpindah ke botol dengan menggunakan dot plastik.

Perpindahan ini mungkin membuat anak tidak nyaman dan kemudian menunjukkan protes dengan menolak minum susu. Protes itu kemudian menjadi kebiasaan jika ibu tidak berupaya untuk menyiasatinya dengan baik. Orangtua mencoba untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai kesulitan ini padahal jika mereka mau menelusuri dari awal mungkin bisa ditemukan penyebabnya. Lalu bagaimana cara menyiasati balita susah minum susu itu?

Ubahlah rasa susu yang biasa Anda beri untuk membuatnya lebih menggiurkan dan enak disantap. Anak juga akan mencoba rasa baru dan dia akan menyukainya. Perubahan yang positif akan membantu anak kembali menemukan gairahnya meminum susu. Anak lebih menyukai coklat dibandingkan makanan lain, jadi jangan ragu untuk mencampurkan coklat bubuk ke dalam susu balita Anda.

Ketika coklat tidak berhasil membujuk anak Anda, maka strawberry menjadi pilihan cara mensiasati balita susah minum susu. Cara ini berlaku bagi anak yang tidak menyukai rasa coklat. Jadi coba berikan campuran susu dengan sirup strawberry. Sirup strawberry menambah rasa dan membuat warna susu lebih menarik. Jika kedua alternatif ini tidak berhasil, berikan saja susu putih pada anak Anda. Jangan berikan pilihan. Jika tidak ada alternatif maka mereka akan tetap meminum susu. Mungkin saja mereka hanya manja. Memaksakan minum susu tidak akan menjadi masalah karena susu baik untuk kesehatan balita.