Cara Mengetahui Bakat Anak Usia 5-12Th

Usia golden age atau usia keemasan anak adalah sampai anak mencapai usia lima tahun. Setelah anak mencapai usia lima tahun maka tahap penyerapan segala pengetahuan akan mengalami penurunan tidak sehebat kemampuan menyerap anak di usia golden age ini. Orang tua akan lebih memikirkan mengenai bakat anak di usia lima tahun ini,dan bakat itu akan terlihat dalam rentang waktu lima sampai dua belas tahun. Untuk itulah, cara mengetahui bakat anak usia 5-12 th haruslah diketahui oleh orang tua.

Sejatinya anak memiliki kemampuan akan bakat yang tak tertabas. Hanya saja, orang tua membutuhkan untuk mengetahui bakat ini guna dilakukan upaya pengembangan terhadap apa yang dikuasai oleh anak.

Berikut adalah cara mengetahui bakat anak usia 5-12 th.

1. Melakukan pengamatan kepada anak dengan cermat

Orang tua adalah sosok yang begitu dekat dengan anak. Oleh karena itu, orang tua akan memiliki kemampuan untuk dapat mengetahui apa yang disuka dan tak disuka oleh anak. Orang tua haruslah mencermati akan hal ini.

Orang tua akan mengetahui apa yang anak suka dari keteguhan si anak terhadap apa yang disukai itu. Misalnya anak akan lebih mudah menggambar atau menggunakan segala alat yang ia temukan untuk menggambar.

Atau bagaimana anak memiliki antusias yang begitu tinggi terhadap sesuatu. Misalnya bentuk antusias ini adalah dengan ketertarikan untuk mencari informasi yang sebanyak mungkin akan suatu hal. Dari sini orang tua akan dapat mengambil kesimpulan akan apa yang menarik hati si anak.

2. Anak menunjukan kosentrasi terhadap sesuatu
Usia anak adalah usia dimana mereka masih sulit sekali untuk diajak berkonsentrasi atau fokus terhadap satu hal. Namun jangan salah, bahwa di dalam keadaan mereka yang tidak berkosentrasi ini, mereka sedang mengamati apa yang terjadi di alam sekitarnya.

Namun ketika anak menunjukan kosentrasinya kepada suatu hal maka hal ini adalah hal yang di luar kebiasaan. Bisa jadi ini adalah buah dari rasa tertarik yang sudah tertimbun di dalam hati dan benak mereka.

Itulah beberapa cara mengetahui bakat anak usia 5-12 th. Anak adalah penuh dengan bakat maka memang harus dikembangkan semua bakat yang dimiliki oleh anak tersebut.