Cara Mengatasi Hipoglikemia Pada Bayi

Hipoglikemia adalah suatu keadaan ketika tubuh mengalami kadar gula darah yang rendah. Tak hanya orang dewasa, bahkan bayi yang baru lahir bisa mengalami hal ini. Namanya adalah hipoglikemia pada bayi yang baru lahir atau neonatal hypoglycemia.

Meskipun hipoglikemia pada bayi yang baru lahir kebanyakan disebabkan oleh faktor alami yang sudah menjadi bawaannya sejak lahir (misalnya karena lahir dari ibu yang menderita diabetes, mempunyai kelainan genetis, mengalami perkembangan yang tidak biasa selama di dalam rahim ibunya, serta lahir prematur), kelainan ini biasa diatasi. Bagaimana cara mengatasi hipoglikemia pada bayi baru lahir?

Cara Mengatasi Hipoglikemia Pada Bayi Baru Lahir

  1. Memberikan air susu ibu (asi) sesegera mungkin atau jika asi belum ke luar, pemberian susu formula bisa menggantikannya. Bahkan untuk beberapa kasus, pemberian asi dari ibunya terkadang tidak cukup sehingga diberi susu formula tambahan juga.
  2. Memberikan cairan/larutan gula (infuse) melalui pembuluh darah vena jika si bayi tidak bisa meminumnya melalui mulut. Cara ini ditempuh jika kadar gula darah si bayi sangat rendah sekali.

Kedua cara di atas dilakukan terus menerus hingga beberapa hari atau beberapa minggu sampai terjadi kenaikan kadar gula darah yang berarti. Untuk kasus bayi yang lahir prematur dan bayi yang terkena infeksi, perlakuan di atas bisa lebih lama dari biasanya. Jika kadar gula darah terus menerus rendah, si bayi akan diberi pengobatan sebagai upaya untuk meningkatkan kadar gula darahnya. Misalnya saja adalah bedah operasi di bagian pankreasnya. Sebagian dari pankreasnya akan dibuang dengan tujuan untuk mengurangi produksi hormon insulin yang selama ini banyak. Akan tetapi kasus seperti ini jarang terjadi.

Nah itulah beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi hipoglikemia pada bayi baru lahir. Pastikan Anda selalu menjaga kesehatan ketika hamil, terutama dalam hal mengonsumsi makanan. Hal ini agar Anda terhindar dari penyakit diabetes yang bisa memicu bayi terlahir hipoglikemia. Semoga bermanfaat.