Cara Mengatasi Balita Sakit Perut

Sakit perut akan lebih banyak menyerang balita karena di dalam masa ini, sistem pencernaan yang dimilikinya masih belum sempurna dengan benar. Dan hal inilah yang akan membuat balita akan mengalami rasa sakit di bagian perutnya. Hanya saja cara mengatasi balita sakit perut haruslah dilihat dari hal apa yang terjadi di dalam sakit perut yang dialami. Karena memang sakit perut ini membawa indikasi yang bermacam bagi balita kita.

Sebelum menemukan dan menentukan cara mengatasi balita sakit perut maka memang harus dicari apa yang menyebabkan balita merasakan perutnya sakit tersebut.
Berikut ini adalah beberapa sakit perut beserta indikasi yang ada serta cara mengatasi sakit perut tersebut.

  1. Sakit perut karena kembung.
    Sakit perut ini ditandai dengan keadaan perut yang sedikit membesar dan ketika dipukul dengan ringan di bagian perut akan terkesan bunyi bung-bung di perut tersebut.
    Cara mengatasi sakit perut karena hal ini adalah dengan mengolesi perut balita dengan minyak kayu putih. Atau dengan air hangat yang kemudian perut diusap dengan lembut. Kemudian, balita dapat diberikan air minum hangat untuk mengurangi rasa sakit pada perutnya.
  2. Sakit perut yang disertai dengan pup yang keras.
    Hal ini dapat berhubungan dengan jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak di mana kurang mengandung serat. Sehingga yang terjadi adalah sistem pencernaan bekerja dengan kurang optimal. Inilah yang menyebabkan perut balita menjadi sakit.
    Untuk mengobatinya maka dapat diberikan jus buah pir untuk membuat pup menjadi lebih lembek. Setelahnya, balita dapat diberikan makanan yang banyak mengandung serat untuk mencegah hal ini terjadi kembali.
  3. Sakit perut karena diare.
    Diare adalah ketika balita buang air besar lebih dari tiga kali di dalam satu hari dengan keadaan pup yang encer. Untuk mengobati hal ini maka balita dapat diberikan oralit atau larutan air dengan gula dan garam. Larutan ini untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan mencegah dehidrasi.

Itulah beberapa jenis sakit perut yang dialami oleh balita kita dan cara mengatasi balita sakit perut.