Cara Mendeteksi Masa Subur Wanita

Ketika seorang wanita berada di dalam masa subur maka hormon kewanitaan yang diproduksi oleh sistem reproduksinya akan mengalami perubahan. Hormon yang dimaksudkan ini adalah jormon esterogen dan progesteron. Komponen kedua hormon inilah yang akan mengakibatkan kemungkinan cara mendeteksi masa subur wanita.

Perubahan hormon ini akan mempengeruhi keadaan dari air seni, air liur dan suhu tubuh dari si wanita. Dengan menggunakan media inilah akan diketahui cara mendeteksi masa subur wanita. Beberapa cara tersebut adalah:

  1. Menggunakan media air seni. Cara ini dilakukan selayaknya mengetes air seni akan adanya kehamilan pada wanita. Alat yang ada ditetesi air seni dan beberapa saat kemudian akan diperlihatkan tanda apakah si wanita berada di dalam masa subur atau tidak. Alat ini dianggap cukup efektif namun memang termasuk ke dalam alat yang relatif mahal apalagi hanya dapat dipakai untuk satu kali saja.Cara-Mendeteksi-masa-subur-wanita
  2. Menggunakan media air liur. Air liur akan ditempatkan pada sebuah alat menyerupai mikroskop kecil. Setelahnya akan dapat dilihat beberapa hasil dari hasil air liur tersebut. ada tiga jenis hasil yang ada. Hasil yang pertama adalah menunjukan masa tidak subur wanita. Hasil ini berupa hasil kosong atau berupa kumpulan titik yang tak jelas. Hasil kedua menunjukan masa akan mengalami ovulasi, hasil yang ditampakan adalah seperti struktur dari kumpulan batu dengan adanya struktur tulang daun. Sedangkan hasil yang ketiga adalah menunjukan masa ovulasi dari si wanita yaitu masa subur. hasil ini menunjukan adanya kumpulan struktur dari tulang daun yang saling bersilang.  Alat ini dianggap cukup praktis dipakai juga lumayan terjangkau harganya. Terlebih tak akan memberikan pengaruh terhadap sistem reproduksi itu sendiri.
  3. Sistem kalender. Hal ini dilakukan dengan cara perhitungan secara manual dari haid sebelumnya dan haid selanjutnya. Masa subur biasanya adadalah satu minggu setelah haid berakhir. Cara ini dianggap lebih rumit untuk dilakukan serta keefektifannya yang cenderung rendah.
  4. Suhu tubuh yang meningkat. Cara lain adalah dengan mengukur kenaikan suhu tubuh. Suhu tubuh akan meningkat daripada suhu tubuh normal. Walaupun memang peningkatan suhu tubuh ini tidak terjadi secara drastis.

Itulah beberapa cara mendeteksi masa subur wanita yang dapat dilakukan.