Cara Mencegah Obesitas pada Anak

Obesitas atau kegemukan bukan lagi dialami oleh orang dewasa saja, tetapi  pada anak juga banyak terjadi. Hal tersebut terjadi bukan hanya karena pola makan yang tidak sehat tapi juga karena adanya faktor keturunan dari keluarga. Pendapat yang mengatakan bahwa anak sehat adalah anak yang gemuk juga menjadi pemicu timbulnya obesitas, karena sebagian besar orangtua menyarankan anaknya untuk mengkonsumsi aneka makanan agar sehat dan terlihat gemuk, padahal gemuk bukan berarti sehat.

Pada sebuah hasil penelitian dijelaskan bahwa Jika kedua orangtua tidak memiliki faktor genetik obesitas, kemungkinan hanya 7% saja anak akan mengalami obesitas. Jika salah satu orangtua baik ayah atau ibu memiki faktor genetik obesitas, maka sekitar 40-50% obesitas terjadi pada anak. Jika kedua orangtua memang memiliki faktor genetik obesitas, maka bisa mencapai lebih dari 80% anak akan mengalami obesitas. Selain pola makan yang tak sehat, kurangnya berolahraga juga salah satu  faktor utama terjadinya obesitas, karena penumpukan kalori terjadi dalam tubuh akibat tak adanya gerakan yang teratur dan rutin. Pemberian edukasi secara terus menerus pada masyarakat luas merupakan salah satu cara mencegah obesitas pada anak.

Beberapa hal dibawah adalah cara mencegah obesitas pada anak yang bisa kita terapkan pada anak penderita obesitas :

  1.  Menerapkan pola makan yang baik dengan cara membiasakan makan makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan. Jauhkan anak dari mengkonsumsi makanan cepat saji.
  2.  Biasakan sarapan pagi. Sarapan pagi bisa menjaga energi agar tetap stabil dan mampu membuat anak konsentrasi dalam belajar. Beri sarapan berupa sereal gandum, jus buah-buahan atau sayuran.
  3. Mendisiplinkan anak untuk tidak jajan sembarangan. Dengan begitu membuat anak tidak mengkonsumsi makanan yang berlebih diluar pengawasan orangtua.
  4. Makan bersama, kebiasaan makan bersama dalam keluarga juga merupakan cara yang tepat bagi orangtua untuk memberikan pengetahuan seputar makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh anak. Beri pengertian jenis makanan apa saja yang baik bagi kesehatan, sehingga dengan begitu anak mengerti dan terbiasa mengkonsumsi makanan sehat
  5. Berolahraga secara teratur. Berbagai cara mencegah obesitas pada anak akan berjalan sesuai keinginan  jika dilaksanakan secara teratur dan terus menerus. Oleh sebab itu hendaknya orangtua harus selalu memupuk semangat memberi contoh dan mengajak keluarga menuju kehidupan yang sehat.