Cara Mencegah Keguguran

Ibu harus mengetahui cara Mencegah Keguguran agar proses kehamilan ibu lancar dan dapat melahirkan dengan selamat. Beberapa hal yang harus dijauhkan adalah rokok. Setiap ibu pasti menginginkan kehamilan yang lancar dan sehat. Ibu yang merokok memiliki resiko dua kali lebih besar dalam keguguran. Semakin sering dan banyak ibu merokok, akan semakin besar kemungkinan keguguran yang terjadi. Asap rokok juga sangat tidak baik untuk ibu hamil, jadi sebaiknya ibu menjauhkan asap rokok dari pernafasan. Hal kedua adalah meminum alkohol, ibu yang meminum alkohol dua kali dalam seminggu memiliki dua kali resiko lebih besar pada keguguran bayi normal, semakin sering ibu meminum alkohol, maka resiko itu semakin tinggi. Selain alkohol, kafein yang terkandung di dalam kopi juga bisa menyebabkan keguguran. Jika anda sering mengkonsumsi obat-obatan, sebaiknya anda mengkonsultasikan dengan dokter, karena ada beberapa obat yang bisa meningkatkan resiko keguguran.

Gejala Awal Keguguran

Anda harus mengenali ciri-ciri ini, sehingga jika hal ini terjadi pada anda, anda mengatasinya dengan cepat. Gejala awal keguguran adalah terasa pusing dan lemas. Beberapa ibu mungkin menggangapnya sebagai morning sickness yang memang terbiasa pada ibu hamil muda. Namun perbedaannya adalah rasa perut yang tidak nyaman, kepala pusing, atau bahkan mimisan. Hal pertama yang harus dilakukan jika merasakan hal ini adalah minum banyak air putih dan minuman yang segar, untuk meringankan rasa mual. Mencegah Keguguran dengan makanan yang bergizi adalah cara yang baik. Menjaga kehamilan juga bisa dilakukan dengan tidak meminum minuman keras, tidak merokok, dan tidak mengkonsumsi obat-obatan. Konsultasikanlah segera kepada dokter jika memang terjadi suatu hal yang menunjukkan gejala awal keguguran.

Kapan Ibu Harus Dikuret?

Kuret adalah tindakan pengeluaran proses kehamilan yang masih ada di dalam rahim. Sisa gumpalan yang ada di dalam rahim harus segera dikeluarkan agar tidak terjadi infeksi rahim dan pendarahan yang tidak berhenti. Kuret dilakukan oleh dokter dengan memasukkan alat kuret kedalam rahim ibu, sementara ibu berada dalam pengaruh bius. Sebelum kuret, biasanya dokter akan mengecek darah ibu dan menyuruh ibu untuk berpuasa agar ibu siap dalam menjalani kuret. Karena bayi yang ada didalam kandungan membutuhkan banyak gizi, maka ibu harus memakan makanan dengan gizi yang cukup dan seimbang. Mencegah Keguguran adalah tindakan yang harus dilakukan oleh semua ibu.