Cara Mencegah Kanker Otak pada Anak

Kanker otak merupakan satu diantara beberapa jenis kanker yang mematikan.  Penyakit ini dapat menyerang anak maupun dewasa.  Salah satu penyebabnya adalah pola hidup yang tidak sehat.  Kanker otak bisa disebabkan oleh bahan-bahan additive yang terdapat pada makanan ringan dan makanan siap saji.  Selain itu terjadinya benturan pada kepala juga dapat memicu terjadinya kanker otak, perasaan trauma pada otak sehingga otak mengalami pertumbuhan yang abnormal dan tidak terkendali yang disebut kanker.
Sampai sekarang penyakit ini masih belum bisa dideteksi sejak dini, gejala baru tampak setelah mencapai stadium 3 atau 4.  Inilah yang menyebabkan pasien kanker banyak yang tidak tertolong.

Cara mencegah kanker otak pada anak dapat dilakukan dengan menghindari pemicunya dan memberikan penanganan yang cepat saat gejala mulai tampak.  Adapun faktor-faktor pemicu kanker otak pada anak yang sering terjadi adalah:

  1. Faktor genetik
    Kanker otak pada anak yang disebabkan oleh faktor genetik tidak dapat dicegah karena dia diwariskan dalam bentuk gen.  Untuk kasus seperti ini yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan asupan makanan bergizi dan protein tinggi.
  2. Makanan dan minuman yang mengandung zat additive
    Makanan dan minuman yang mengandung zat additive seperti pengawet, pewarna dan penyedap rasa.  Zat -zat ini  tidak dapat dicerna tubuh dan pemakaian dalam jangka waktu lama dapat memicu pertumbuhan sel  yang abnormal.  Sel-sel  ini akan terus membelah dan semakin banyak hingga merusak organ yang ada, diantaranya  adalah otak.  Pertumbuhan sel otak yang abnormal inilah yang memicu kanker otak.  Oleh karena itu berikanlah makanan sehat dan bergizi, kurangi makan di pinggir jalan . Hentikan penggunaan MSG sebagai bumbu masak.
  3. Trauma otak akibat benturan
    Benturan yang terjadi pada kepala acap susah  dideteksi .  Tidak adanya luka bukan berarti aman, bahkan terkadang justru malah mengkhawatirkan.  Benturan pada kepala dapat menimbulkan trauma pada otak yang lama kelamaan  memicu pertumbuhan sel otak secara liar dan ganas. Yang disebut kanker otak. Jadi salah satu cara mencegah kanker otak pada anak adalah dengan memberikan pemahaman pentingnya melindungi kepala dari benturan keras pada anak
  4. Virus
    Virus merupakan salah satu pemicu kanker otak dan kanker lainnya.  Jenisnya banyak sekali.  Untuk mencegah tubuh dari virus penyebab kanker otak, perbanyak asupan serat, gizi dan protein.

Demikianlah beberapa cara  mencegah kanker otak pada anak.