Cara Mencegah Demam Setelah Imunisasi Pada Bayi

Mencegah Demam Setelah Imunisasi Pada Bayi tidaklah harus dilakukan, karena demam pada bayi setelah imunisasi adalah hal yang normal dan wajar. Demam yang muncul adalah reaksi dari bekerjanya vaksin dalam tubuh bayi, sehingga bunda tidak perlu khawatir berlebihan. Jika demam lebih dari 38 derajat celcius, dokter akan memberikan penurun panas. Namun jika di bawah itu, istirahat yang cukup dan pelukan bunda akan mengurangi kerewelannya. Anak yang mengalami demam setelah imunisasi bertanda bahwa vaksin yang masuk bekerja dengan baik. Tidak perlu mencegah demam ini, karena ini memang reaksi yang wajar. Biarkan anak istirahat dan jika rewel, anda bisa memeluk dan selalu berada di sampingnya agar dia merasa nyaman. Sekali lagi, jangan khawatir, yang harus dikhawatirkan adalah ketika anak tidak mendapatkan imunisasi secara simultan yang dapat menyebabkan penyakit masuk kedalam tubuhnya. Tanpa imunisasi, sistem kekebalan tubuh bayi tidak akan mengenali virus asing, sehingga dapat mudah menyerang tanpa perlawanan, untuk itu orang tua harus menyadari pentingnya imunisasi pada bayi.

Bolehkah Menunda Imunisasi?
Banyak ibu yang merasa khawatir pada keadaan anaknya yang sedang sakit. Jika si anak sakit dan bertepatan dengan saat imunisasi, mungkin ibu merasa bingung apakah imunisasi tetap dilakukan atau ditunda saja. Jika sakit yang diderita hanya pilek atau batuk, sebaiknya imunisasi tidak ditunda. Namun jika anak demam tinggi, sebaiknya imunisasi ditunda saat demam turun. Demam yang tinggi akan sangat berbahaya jika imunisasi diteruskan, beberapa kasus yang terjadi pada anak demam yang diimunisasi adalah terjadinya cerebral palsy atau cacat otak. Penyakit ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kelumpuhan syaraf pada bayi. Otak yang tidak bekerja secara optimal menyebabkan pertumbuhan terhambat dan tidak mampu menggunakan anggota tubuh dengan sempurna. Ibu tidak perlu mengkhawatirkan imunisasi pada anak sehat atau mencari tahu bagaimana Mencegah Demam Setelah Imunisasi Pada Bayi. Demam pada bayi setelah imunisasi adalah hal yang wajar, sehingga ibu tidak perlu khawatir berlebihan. Jika memang anda merasa ragu untuk melakukan imunisasi pada anak, sebaiknya ibu konsultasikan hal ini kepada dokter, dokter akan memeriksa anak dan dokter akan memutuskan apakah aman bagi anak untuk imunisasi atau tidak.

Manfaat Imunisasi Pada Anak
Bayi belum memiliki sistem imunitas yang sempurna. Banyak virus dan bakteri yang tidak dikenali tubuh, sehingga jika masuk ke dalam tubuh, tubuh tidak dapat mengenali virus itu dan dapat menyerang dengan mudah. Imunisasi adalah proses pemberian kekebalan atau imunitas pada bayi, sehingga dapat mengenali beberapa penyakit berbahaya. Imunisasi sangat penting bagi anak, karena itu sebaiknya pemberian imunisasi ini diberikan secara bertahap dan berkelanjutan kepada bayi. Bayi yang terlanjur terserang penyakit sebelum diimunisasi akan sangat berbahaya. Imunisasi dapat dilakukan di puskesmas terdekat atau di rumah sakit. Biasanya setiap RW ada program imunisasi yang memang tersedia untuk warga sekitar. Sehingga akan ada pemberitahuan kapan bayi akan diimunisasi. Ibu bisa mempersiapkan kondisi bayi agar tidak sakit sebelum imunisasi dilakukan. Ibu tidak perlu mengkhawatirkan bagaimana cara Mencegah Demam Setelah Imunisasi Pada Bayi.