Cara Melatih Anak Tidur Sendiri Usia 5-12 Tahun

Apakah anda sedang memikirkan cara untuk melatih anak tidur sendiri (usia 5-12 tahun)? Ataukah anda mulai berpikir bahwa anak anda sudah waktunya untuk tidur sendiri. Ini merupakan tahap yang tidak mudah bagi anak-anak, terutama untuk anak dalam usia 5-12 tahun. Dalam rentang usia 5-12 tahun anak-anak cenderung membentuk rasa takut akan berbagai hal, mulai takut akan kegelapan, takut akan hantu dan lain-lain. Rasa takut ini menjadi penghalang yang paling berat bagi orang tua untuk melatih anak tidur sendiri. Tahap latihan ini tentu tidak akan langsung menunjukkan hasil, tetapi perlu dilakukan setahap demi setahap. Hal ini karena anak-anak memerlukan adaptasi agar bisa tidur sendiri, dimana sebelumnya ia tidak perlu khawatir karena kedua orang tua selalu berada didekatnya saat tidur. Rasa aman dan nyaman itulah yang mesti kita ciptakan agar anak mau mencoba tidur di kamar tersendiri.

Beberapa langkah dibawah ini dapat membantu kita untuk melatih anak tidur sendiri usia 5-12 tahun

1. Buatlah lingkungan kamar yang nyaman
Agar anak tertarik dan mau tidur di kamar sendiri, ciptakan suasana kamar yang nyaman dan menyenangkan bagi anak anda. Libatkan anak anda dalam pemilihan warna maupun hiasan yang ada di dalam kamarnya. Dengan demikian ia akan merasa dihargai pendapatnya, dan dengan kamar yang nyaman bagi dirinya akan mempermudah dalam proses adaptasi.

2. Dengarkan keluhannya
Perhatikan apabila anak anda mengutarakan keluhan dan ketakutannya akan tidur di kamar sendiri. Jangan anda menganggap remeh apalagi menertawakan apa yang menjadi ketakutannya, mungkin bagi anda itu merupakan hal sepele tapi tidak demikian bagi anak anda. Cobalah memberikan pengertian kepada anak anda bahwa anda selalu siap melindunginya apabila terjadi sesuatu hal, jadi anak anda tidak perlu takut apabila tidur sendiri.

3. Dampingi anak anda
Sebagai langkah awal dalam melatih anak tidur sendiri, dampingi ia di kamar tidurnya hingga ia terlelap. Mungkin dengan disertai membaca dongeng atau menyanyikan lagu dapat menenangkan kegelisahan anak anda. Setelah ia terlelap baru anda bisa meninggalkan kamar tidur anak anda

4. Tetap tenang saat anak terbangun
Saat anak terbangun dan menangis, anda harus tetap tenang. Biarkan anak anda dikamarnya. Apabila ia ketakutan biarkan ia mencari jalan sendiri menuju kamar anda. Dengan demikian akan melatih keberanian anak anda, dan juga menunjukkan padanya bahwa betapa mudahnya mencari keberadaan anda, meskipun berbeda kamar.

5. Berikan pujian
Apabila anak anda berhasil melewati malam dengan tidur sendiri dikamarnya jangan lupa berikan pujian, atau berikan hadiah dibawah bantalnya sehingga dia berfikir bahwa tidur sendiri pun menyenangkan.

Beberapa langkah diatas diharapkan dapat membantu anda dalam melatih anak tidur sendiri (usia 5-12 tahun). Mungkin setiap langkah tidak dapat berjalan dengan mulus, oleh karena itu perlu diulang beberapa kali hingga anak anda tidak lagi takut untuk tidur sendiri.