Cara Jitu Rangsang Kecerdasan Anak 2-5 Tahun Dengan Mainan

Rangsang kecerdasan anak 2-5 tahun dengan mainan merupakan ide yang sangat cara jitu untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak. Jadi, jika Anda memiliki anak balita pada usia ini, belikanlah mainan atau ajak anak Anda bermain dengan mainan itu. Akan tetapi, sangat penting memilih jenis mainan yang benar-benar tepat untuk anak pada usia 2-5 tahun sehingga mainan tersebut memang memberikan manfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Pentingnya Ide Rangsang Kecerdasan Anak 2-5 Tahun Dengan Mainan

Penggunaan mainan sebagai media rangsang kecerdasan berdasarkan pada ide bahwa pembelajaran pada anak harus menekan pada tiga aspek, yang disingkat AVM (Auditory, Visual dan Memory). Ketiga aspek ini memiliki peran besar dalam merangsang kecerdasan dan intelektual anak. Perlu diketahui bahwa kecerdasan manusia berasal dari 12% pendengaran dan 74%-nya adalah dari visual. Maka dari itu, pembelajaran anak sejak dini sangat disarankan.

Mainan adalah metode yang sangat apik dan menyenangkan. Mainan tidak hanya bagus sebagai media rangsang kecerdasan anak 2-5 tahun, tetapi juga sebagai media bermain, sehingga menggunakan mainan berfungsi ganda, yaitu bermain sambil belajar. Dengan mainan, kreativitas anak semakin hidup. Mereka bisa melatih kecerdasan intelektual, emosi, merangsang imajinasi, melatih kemampuan berbahasa dan lain-lain. Mengingat begitu beragam keuntungan menggunakan mainan sebagai media belajar, maka orang tua hendaknya memilih salah satu mainan yang dirasa menyenangkan si anak.

Rangsang Kecerdasan Anak 2-5 Tahun Dengan Mainan dan Macamnya

Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan mainan yang mencerdaskan anak Anda. Mainan seperti buku membilang, sangat sederhana dan tidak akan menguras kantong Anda. mainan ini bisa belajar membaca dan juga membilang. Caranya adalah anak Anda diminta menghitung banyak benda di tiap halaman buku atau mengenal warna benda. Mainan ini sangat bagus untuk merangsang kecerdasan matematika, meningkatkan kemampuan bayi dalam mengenal kosakata baru dan mengenal berbagai macam warna, binatang dan buah-buahan.

Mainan lain yang tak kalah menyenangkan adalah kartu “Siapa Ibumu”. Mainan ini membantu anak dalam mengenal berbagai macam binatang dan meningkatkan hubungan emosional dengan ibunya. Atau, Anda bisa memilih mainan boneka jari, yang sangat disukai anak-anak usia 2-5 tahun. Mainan ini dapat merangsang imajinasi anak, memperkaya emosi dan meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Selain itu, anak dapat merangsang kecerdasan interpersonal dan intrapersonal dengan cara melihat karakter di luar dirinya. Anda masih dapat memilih permainan seperti kartu bentuk atau papan menyulam sebagai media rangsang kecerdasan anak 2-5 tahun dengan mainan. Anda cukup memilih salah satu dari yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda.