Bolehkah Ibu Hamil Muda Mengkonsumsi Minuman Bersoda?

Saat hamil, perempuan cenderung berhati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman karena takut jika makanan dan minuman tersebut dapat membahayakan dirinya dan juga janin yang dikandungnya. Apalagi jika kehamilannya tengah memasuki trimester pertama, dimana merupakan masa kehamilan yang paling rawan. Banyaknya pantangan membuat ibu hamil sangat berhati-hati dalam memilih bahan makanan.

Namun, adakalanya ibu hamil ragu mengenai beberapa jenis minuman yang boleh dikonsumsinya karena beberapa kontroversi yang menyertainya, misalnya minuman bersoda. Sebenarnya, bolehkah ibu hamil muda mengkonsumsi minuman bersoda? Boleh tidaknya mengonsumsi minuman bersoda saat hamil memang masih menjadi perdebatan, hal itu dikarenakan sebagian minuman bersoda mulai menggunakan pemanis buatan yang aman bagi ibu hamil.

Menurut mitos yang berkembang, minuman bersoda sangat baik untuk mengurangi mual. Lalu, benarkah minuman bersoda untuk mengurangi mual? Faktanya, minuman bersoda justru memicu bertambahnya gas di dalam lambung, sehingga memicu rasa mual dan perut kembung.

Selain itu, banyak fakta yang mengatakan kalau minuman bersoda tidak baik untuk ibu hamil muda karena di trimester pertama, sel-sel tubuh tengah terbentuk secara keseluruhan. Oleh karena itu, menjadi kewajiban bagi ibu untuk menjaga kondisi tubuhnya, termasuk tidak sembarangan mengonsumsi minuman yang mengandung soda, alkohol, dan zat-zat kimia berbahaya seperti zat pengawet dan zat pewarna.

Jika mendapati pertanyaan mengenai bolehkah ibu hamil muda mengkonsumsi minuman bersoda? Inilah beberapa dampak merugikan akibat mengonsumsi zat-zat yang bersifat racun:

  • Mengonsumsi minuman berkarbonasi sangat tidak baik bagi ibu hamil, karena kadar sodium yang tinggi bisa menyebabkan bayi memiliki berat badan berlebih.
  • Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi minuman bersoda dan mengandung pemanis buatan bisa menyebabkan ibu melahirkan bayi prematur.minuman bersoda
  • Minuman bersoda mengandung banyak gula, asam fosfat atau soda, bahan pengawet, dan kafein sehingga menimbulkan banyak resiko jika dikonsumsi secara berlebihan, diantaranya adalah :
  • Obesitas.
  • Hipertensi.
  • Melemahkan imunitas tubuh.
  • Kesehatan tulang dan osteoporosis.

Setelah mengetahui banyaknya kerugian akibat mengonsumsi minuman bersoda, maka sebaiknya ibu hamil mulai memilih minuman yang baik untuk kehamilannya, misalkan: susu, jus buah, dan air putih.