Berbagai Macam Makanan Bernutrisi Untuk Bayi

Bayi sebaiknya mendapat berbagai macam makanan bernutrisi untuk bayi agar ia dapat selalu tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu anda juga harus memberikan yang terbaik untuk bayi anda, mulai dari makanan, pakaian, perawatan dan hal-hal lainnya. Makanan yang harus di berikan kepada bayi anda haruslah terdiri dari berbagai macam makanan bernutrisi untuk bayi yang di sesuaikan dengan tahap perkembangan. Selain itu juga di butuhkan konsistensi dan tekstur yang mudah dicerna oleh sang bayi, terutama yang mengandung zat besi. Ini dikarenakan pada saat bayi berusia 6 bulan, kebutuhan zat besi bayi makin meningkat sehingga harus disediakan dari luar, oleh karena itu penting bagi bayi mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi.

Berikut beberapa contoh macam makanan bernutrisi untuk bayi :

  1. Pisang.
    Pisang merupakan makanan yang baik untuk bayi. Banyak bayi yang memulai makanan padatnya di mulai dengan pisang yang dihaluskan. Adapun kandungan gizi dalam pisang adalah karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, Vitamin C, kalsium, potassium, zat besi, magnesium, fosfor dan zinc. Banyaknya kandungan nutrisi dalam buah ini membuatnya makanan favorit yang biasa di berikan kepada sang bayi.
  2. Alpukat
    Buah yang berwarna hijau ini dan merupakan buah yang menjadi favorit untuk dibuat jus ini, juga mengandung gizi yang baik untuk dikonsumsi oleh sang bayi, karena kandungan gizi dalam alpukat terdapat di dalamnya potasium, karbohidrat, vitamin E, vitamin C, vitamin B,  fosfor,  dan zinc. Cara penyajiannya pun macam-macam ada yang langsung dilembutkan juga ada yang dicampur dengan buah lain lalu di sajikan
  3. Kacang Hijau
    Jenis kacang – kacangan ini merupakan yang paling sering dikonsumsi baik dalam bentuk minuman maupun dalam bentuk bubur, dan dapat dikonsumsi oleh segala usia. Kandungan gizi tertinggi yang terdapat dalam kacang hijau adalah protein. Namun jika disajikan untuk bayi maka harus diolah dengan seksama hingga lunak dan disaring sehingga dapat mempermudah bayi makan dan mencegahnya agar tidak tersedak.
  4.  Dada Ayam
    Siapa yang tidak kenal dengan dada ayam, makanan ini juga dapat di konsumsi oleh segala usia, walaupun jika di peruntukkan untuk bayi maka dada ayam ini harus diolah secara seksama sehingga mudah di konsumsi oleh sang bayi. Kandungan gizi yang terdapat dalam dada ayam ini merupakan protein yang tinggi dan baik untuk perkembangan sang bayi.

Demikian beberapa macam makanan bernutrisi untuk bayi, yang mudah di dapatkan dan bermanfaat di masa pertumbuhan sang bayi.