Berat Badan Ideal Pada Kehamilan Trimester Kedua

Bagaimana berat badan Anda pada kehamilan trisemester kedua ini? Apakah kurang atau terlalu lebih? Berat badan ideal pada kehamilan trisemester kedua sangat berpengaruh pada janin Anda.

Janin yang ada di tubuh Anda membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang agar bisa tumbuh dengan normal. Berat badan para ibu tentu akan berkembang juga seiring dengan meningkatnya usia janin yang di kandung. Namun, kenaikan ini harus dalam batasan yang normal tidak boleh berlebihan.

Umumnya kenaikan berat badan sejak dinyatakan hamil hingga melahirkan berkisar antara 10 – 30 kilogram. Jika dibagi dengan usia kehamilan selama 9 bulan, maka rata-rata kenaikan berkisar 3-4 kilo. Inipun tidak standar setiap bulan sama, sebab biasanya di awal kehamilan, berat badan justru menurun karena faktor mual, muntah, dan turunnya keinginan untuk makan. Nah, jika pada usia trisemester kedua kenaikan berat badan Anda sudah mencapai 15 kilo, Anda harus hati-hati supaya di bulan-bulan berikutnya Anda tidak mengalami peningkatan berat yang dasyat.

Faktor berat badan sang ibu akan mempengaruhi berat badan janin yang dikandung. Sebaiknya ibu hamil menjaga berat badannya secara normal agar tidak memberikan dampak buruk pada sang buah hati.  Anda bisa mulai menjaga berat badan ideal pada kehamilan trisemester kedua.

Berat badan ideal akan bisa Anda jaga dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Konsumsi makanan seperti ini bukan hanya menjaga berat badan Anda tapi juga menjaga nutrisi yang akan diserap oleh janin yang Anda kandung. Nutrisi yang baik akan membantu perkembangan bayi Anda dengan baik. Berat badan yang ideal memberi indikasi bahwa bayi yang Anda kandung dalam kondisi ideal, dia tidak kekurangan ataupun kelebihan nutrisi di dalam perut.

Berat badan yang ideal pada kehamilan trisemester kedua bisa dilihat juga dengan kondisi tubuh Anda. Apakah Anda merasa terlalu gemuk dengan kaki yang bengkak? Apakah timbangan Anda melonjak drastis? Apakah pipi Anda terlihat tembem? Amati diri Anda dan kendalikan berat badan ideal Anda.