Balita Suka Membantah, Penyebab dan Tips Menghadapinya

Memasuki usia 5 tahun tumbuh kembang kognitif, psikologi dan emosi balita akan semakin berkembang. Perkembangan ini juga didukung dengan kemampuan komunikasi yang semakin berkembang walaupun masih dalam keadaan terbatas. Salah satu bentuk tumbuh kembang emosi dan psikologi balita adalah kemampuan mengeluarkan pendapat, sehingga tidak mengherankan jika pada usia ini kerap dijumpai balita suka membantah. Walaupun mungkin menjengkelkan bagi orangtua, ternyata terdapat beberapa penyebab dan sisi positif pada balita yang suka membantah.

Penyebab dan tips menghadapinya

Terdapat beberapa penyebab balita suka membantah sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Adu argumentasi.
    Seringnya balita membantah bisa disebabkan karena balita ingin adu argumentasi dengan orangtuanya tentang suatu hal, tetapi kemampuan komunikasi verbalnya masih kurang, sehingga yang bisa diucapkan hanya kata tidak atau tidak mau.
  • Ingin dianggap mandiri.
    Kata-kata “tidak” yang sering diucapkan balita bisa juga berarti balita ingin menunjukkan pada orangtuanya bahwa mereka mampu melakukan sesuatu sendiri tanpa bantuan orangtuanya.
  • Lingkungan.
    Budaya pada lingkungan sekitar balita juga bisa menjadi penyebab balita suka membantah, misalnya kedua orangtua seringkali saling berbantahan tentang banyak hal ataupun antar anggota keluarga seringkali terjadi adu argumentasi.

Untuk menghadapi balita yang suka membantah, berikut ini akan disajikan beberapa tips menghadapinya, yaitu:

  • Beri alasan. 
    Berikan alasan mengapa orangtua menyuruh balita untuk melakukan atau melarang sesuatu. Jelaskan secara singkat dan mudah dimengerti balita.
  • Beri kesempatan.
    Beri kesempatan pada balita untuk mengutarakan pendapatnya apabila balita menolak permintaan atau perintah orang tua. Sebaiknya orangtua tidak langsung menyela ketika balita sedang mengemukakan argumentasi atau alasan penolakannya.
  • Jangan melawan.
    Hendaknya orangtua jangan melawan ketika balita membantah, karena hal ini justru akan menjadi bumerang. Balita akan makin berteriak histeris atau bahkan mungkin sebaliknya yaitu balita akan menangis dengan penuh emosi.

Demikian tadi beberapa penyebab dan tips mengatasi balita suka membantah. Bagaimanapun juga balita yang suka membantah merupakan salah satu bentuk tumbuh kembang balita dengan menunjukkan self-autonomy atau keinginan untuk mandiri dan terlepas dari bantuan orangtua. Semoga bermanfaat.