Balita Belajar Mengenal Binatang (Bentuk, Ukuran dan Suara)

Sudahkah si kecil belajar mengenal binatang? Terutama dalam menganalisa bentuk, ukuran dan suara binatang?
Memperkenalkan balita terhadap jenis – jenis binatang yang ada di sekitarnya maupun yang belum pernah ia jumpai sangatlah penting bagi pengalamannya. Mengapa tidak? dengan pengetahuan binatang yang kaya pada dirinya, anak tidak hanya lebih pandai di usianya tetapi hal itu sudah pasti akan membuatnya menjalani kehidupannya kelak lebih mudah; dengan pengetahuan yang kaya.

Balita mengenal binatang (bentuk, ukuran dan suara)

Memperkenalkan balita kepada nama – nama binatang baik yang ada di sekitarnya maupun binatang – binatang aneh yang mungkin menarik perhatiannya merupakan proses yang sudah pasti tiap bunda akan lewati. Persiapkan diri bunda, jangan sampai bunda tidak dapat memberikan penjelasan sederhana dan mengena kepada si kecil karena itu adalah proses tumbuh kembang yang akan dilewati setiap balita.

Dalam proses balita belajar mengenal binatang (bentuk, ukuran dan suara), ada beberapa hal yang bunda perlu perhatikan. Hal – hal ini adalah karakter dan sifat balita yang harus bunda imbangi dengan metode yang diberikan. Memperkenalkan bentuk, ukuran dan suara binatang terdengar mudah, tapi untuk balita, bisa jadi proses pembelajaran ini membuat bunda pusing. Untuk itu, beberapa karakter ini sangat perlu diperhatikan demi kelancaran dan keefektifan proses balita belajar mengenal binatang (bentuk, ukuran dan suara).

  • Lincah
    Kebanyakan anak pada usia balita sangat menikmati proses bermain. Mereka tidak akan pernah diam dan selalu bergerak aktif kesana kemari meng-explore lingkungan disekitarnya. Oleh karena itu, penting bagi bunda mengajak mereka belajar sambil beraktifitas.
  • Mudah bosan
    Balita akan rewel jika dia tidak nyaman dengan keadaan sekitar, begitu pula jika dia bosan. Ciptakan suasana belajar semenyenangkan mungkin agar dia menikmati proses tersebut. Atur jangka waktu belajar yang tidak terlalu lama agar balita tidak bosan.
  • Sangat aktif
    Persiapkan diri bunda untuk capek. Balita cenderung akan banyak bertanya tentang suatu hal yang ia kerjakan. Berikan jawaban kepada setiap pertanyaannya. Usahakan menggunakan contoh agar dia lebih paham.
  • Bersifat praktikal
    Balita belajar mengenal binatang (bentuk, ukuran dan suara). tidak hanya bisa dilakukan dengan membaca buku dan menghafal. Ciptakan beberapa aktifitas yang dapat menjadi sarana bermain sekaligus belajar bagi balita.

Kegiatan memperkenalkan binatang kepada balita

Balita belajar mengenal binatang (bentuk, ukuran dan suara) melalui berbagai cara. Kegiatan dan metode yang menyenangkan akan lebih efektif bagi balita. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan sebagai sarana balita belajar binatang yang menyenangkan baik bagi orang tua dan anak.

  • Melihat video tentang binatang
    Video merupakan sarana pembelajaran yang tepat bagi anak. Tidak hanya mengetahui bentuk, warna dan ukuran binatang, dengan video anak dapat melihat karakter suatu binatang.
    Video merupakan sarana pembelajaran yang kontekstual sama seperti pergi ke kebun binatang. Namun, dengan video, balita akan lebih mengetahui karakter binatang di alam bebas atau sifat alamiah jenis binatang tertentu.
  • Membaca buku cerita mengenai binatang
    Balajar mengenal binatang juga dapat dilakukan dengan membacakan buku cerita bergambar kartun lucu tentang binatang. Tidak hanya orang tua mengajarkan budaya membaca kepada balita, tetapi juga mengenalkan macam – macam binatang.
  • Mengajaknya jalan-jalan ke kebun binatang
    Mempelajari binatang dapat dilakukan dengan membaca buku dan melihat video, tapi akan lebih baik jika anak melihat sendiri binatang tersebut. Dengan begitu balita mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang ukuran satu binatang dengan yang lainnya.
  • Bermain peran
    Bermain peran ini dapat dilakukan dengan meminta balita memperagakan atau membuat suara suatu binatang. Hal ini dapat dilakukan sebagai kegiatan pemantapan. Dengan bermain peran, tidak hanya anak dapat belajar ukuran, bentuk dan warna suatu binatang, tapi bisa ditambahkan materi suara beberapa binatang.