Bahaya Radiasi Pada Kehamilan Trimester 2

Jika anda sedang hamil,  maka ada banyak hal yang wajib anda perhatikan dengan seksama. Salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah bahaya radiasi. Perlu diketahui bahwa bahaya radiasi pada kehamilan trimester 2 cukup tinggi. Resiko tertinggi sinar radiasi ini adalah cacat pada bayi. Radiasi tersebut selain menyebabkan cacat pada bayi juga mengakibatkan resiko yang cukup tinggi terhadap mutasi kanker sekaligus berkembangnya sel kanker itu sendiri. Sayangnya tidak terlalu banyak wanita yang mengerti akan hal ini. Dari mana saja bahaya radiasi berasal?  Seperti yang kita ketahui, saat ini teknologi berkembang dengan pesatnya. Perkembangan teknologi menghasilkan berbagai jenis produk elektronik yang selalu berada di sekitar kita. Contohnya adalah laptop, komputer, handphone dan lain sebagainya. Kesemua alat-alat ini hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, bahkan bagi wanita hamil yang sedang bekerja, atau para ibu rumah tangga yang suka bermain-main dengan handphone mereka. Radiasi yang ditimbulkan oleh komputer, laptop, atau handphone cukup tinggi. Dan parahnya bagi wanita kantoran, mereka memang butuh berhadapan langsung dengan alat-alat ini setiap hari untuk keperluan kerja.

Selain alat-alat elektronik diatas, ada bahaya radiasi lain yang muncul yaitu dari sinar rontgen. Sinar rontgen ini ternyata menghasilkan radiasi yang bisa berakibat kecacatan pada bayi dan parahnya lagi berakibat keguguran.  Ini sangat membahayakan bukan?  Efek yang timbul dari radiasi ini memang tidak langsung terlihat.  Bahkan penderita mungkin tidak akan menyadari nya dalam waktu satu atau dua hari.  Oleh sebab itulah berhati-hatilah bagi kaum wanita yang sedang dalam masa hamil.  Sebisa mungkin hindari sinar rontgen.

Sehubungan dengan bahaya yang dihasilkan oleh efek radiasi tersebut diatas,  ada baiknya bagi wanita hamil untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan tentang kondisi kesehatannya. Setidaknya dengan cara demikian, dia bisa selalu mengetahui kondisi kehamilannya dan apa-apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan supaya kehamilannya tetap terjaga demi lahirnya buah hati yang sehat. Penting juga untuk selalu menjaga untuk tidak terlalu berinteraksi lama-lama dengan alat-alat elektronik yang mengandung sinar radiasi yang dapat membahayakan kehamilan, misalnya adalah menempatkan handphone jauh dari tubuh terutama ketika sedang tidur, tidak juga menaruh handphone di saku. Akan lebih baik jika handphone di letakkan di dalam tas dan dimasukkan ke dalam tempat HP. Setidaknya ini akan mengurangi efek radiasi. Untuk wanita pekerja yang harus selalu menggunakan laptop atau komputer, sebaiknya layar laptop dan komputer diberi kaca pelindung untuk mengurangi dampak sinar radiasi. Selain itu, jangan menggunakan ear phone atau headset dalam jumlah berlebih karena ear phone dan headset juga bisa mengantarkan radiasi ke telinga.