Bahaya Obat Non Resep Pada Anak

Penggunaan obat obatan pada anak harus extra hati-hati .

Ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika memberikan obat kepada anak :

  1. Jangan memberikan anak dibawah 4 tahun obat tanpa resep dokter.
  2. Jangan memberikan obat dewasa untuk anak karena obat dewasa dibuat dalam konsentrasi yang berbeda dengan obat anak-anak bahkan obat dalam merek yang sama sekalipun.
  3. Ikuti petunjuk dari dokter atau apoteker mengenai takaran dan dosis obat.
  4. Cek kadaluarsa obat untuk menghindari keracunan obat tersebut.

Perlu diketahui bahwa beberapa obat terutama obat batuk dan pilek jangan sampai terdapat kandungan ini :

  •     Aspirin dapat memicu sindrom Reyes, yaitu kondisi dimana dapat mengakibatkan kejang-kejang, kerusakan otak bahkan kematian.
  •     Kodein atau penghilang rasa sakit dapat menyebabkan tidur berlebihan, lesu, kesulitan bernapas dan unresponsiveness (tidak ada respon sama sekali)

Dalam beberapa kasus ada dokter yang menyarankan obat dengan KODEIN didalamnya tapi ingat hal ini harus dalam pengawasan ketat dan hati-hati serta ikuti setiap intruksi dan dosisnya.

Selain kandungan zat diatas yang perlu diperhatikan adalah jangan memberikan bermacam obat diwaktu bersamaan kepada anak, karena ada interaksi yang berbeda terhadap obat tertentu sehingga bisa menyebabkan anak terkena over dosis obat yang bisa menyebabkan mengantuk berlebihan dan efek mabuk bahkan ada yang bisa menyebabkan kecanduan.

Yang perlu diperhatikan sekarang banyak sekali obat demam,batuk dan pilek yang beredar dipasaran yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Perhatikan selalu kandungan obat yang tertera, lebih baik tanyakan kepada apotekernya  daripada asal membeli karena tergoda iklan yang fantastik. Jangan sampai anak-anak keracunan obat karena keteledoran orangtua.