Bahaya Demam pada Anak

Demam merupakan kenaikan suhu tubuh yang meningkat hingga diatas normalnya. Pada suhu tubuh normal, biasanya berkisar pada 36 sampai 37 derajat celcius, maka selebihnya merupakan tanda awal dari sebuah penyakit yang patut Anda waspadai. Demam menjadi sangat berbahaya apabila suhu tubuh lebih dari 41 derajat celsius  atau yang dinamakan Hiperpireksia. Demam merupakan salah satu keluhan utama para orang tua yang membuat mereka was-was.

Demam, baik yang sedang maupun yang tinggi menjadi salah satu alasan bagi orang tua untuk sesegera mungkin membawa anaknya ke dokter atau rumah sakit terdekat. Sebagai orang tua yang baik, tentunya Anda harus memahami akan bahaya demam pada anak. Meskipun demam tidak berbahaya, namun jika terlalu tinggi bisa membahayakan keselamatan buah hati Anda. Salah satu penyakit yang biasa dimulai dengan gejala awal demam adalah penyakit infeksi, baik oleh virus maupun bakteri. Selain adanya penyakit infeksi, demam juga bisa timbul akibat adanya peradangan pada anggota tubuh, aktivitas fisik yang berlebih, berada dalam cuaca yang panas, efek samping penggunaan obat tertentu, dan adanya penyakit tertentu.

Untuk mengantisipasi bahaya demam pada anak, para orang tua diharapkan mengerti dan memahami bagaimana cara penanganan demam pada anak, yang diantaranya adalah :

  • Berikan cairan sesering mungkin, pada bayi yang menyusu, Anda bisa memberikan ASI sesering mungkin.
  • Hindarkan anak dari pakaian tebal ataupun selimut.
  • Kompreslah bagian lipatan tubuh dan keningnya menggunakan air hangat. Tujuannya adalah untuk menghangatkan daerah pembuluh darah besar dan darah itu sendiri. Kondisi tersebut biasanya akan merangsang syaraf pusat yang melakukan pengaturan suhu tubuh untuk menurunkan termostat ke arah yang lebih rendah. Kondisi tersebut biasanya membuat tubuh anak berkeringat yang merupakan upaya tubuh untuk melakukan pembuangan suhu tubuh.
  • Jangan mengompres anak dengan air dingin atau es karena kondisi tersebut akan membuat anak menggigil kedinginan.
  • Berikan obat penurun panas sesuai dosis yang direkomendaikan.
  • Jika demam tak juga turun dalam waktu 2 hari, Anda harus segera membawanya ke dokter.

Demikian informasi tentang bahaya demam pada anak, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.