Bagaimana Cara Mengobati Cradle Crap Pada Bayi

Walaupun mungkin tidak terlalu membahayakan kesehatan dan mengancam jiwa, namun cradle crap yang tidak cukup dibersihkan dapat saja menyebabkan sedikit ketidaknyamanan bagi bayi atau kelak ketika dewasa. Beberapa jenis gangguan yang sering terjadi akibat cradle crap yang tidak dibersihkan antara lain gatal pada kulit kepala, ketombe, bahkan bisa terjadi iritasi dan infeksi akibat sering menggaruk kulit kepala yang gatal.

Kiat dan Tips

Berikut beberapa kiat dan tips tentang bagaimana cara mengobati cradle crap pada bayi sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Cukur rambut. Agar lebih memaksimalkan pembersihan cradle crap, akan lebih baik apabila bayi dicukur rambutnya. Walaupun beberapa orangtua menyayangkan pencukuran rambut bayi, namun ini hal ini justru lebih baik agar cradle crap terbuang seluruhnya dan tidak menimbulkan ruam, iritasi ataupun infeksi ketika proses pembersihan. Cradle crap yang masih tersisa pada kulit kepala dapat menghambat pertumbuhan rambut, belum lagi rasa gatal pasti menyerang akibat cradle crap telah mengeras dan menutup pori-pori kulit kepala.
  2. Baby oil. Gunakan baby oil untuk membersihkan cradle crap pada kulit kepala bayi dengan cara mengusapkannya menggunakan kapas lembut. Biarkan beberapa saat agar cradle crap melunak dan mudah dibersihkan. Bahkan terkadang tanpa menunggu, beberapa cradle crap yang tidak terlalu tebal akan ikut terbuang dan menempel pada kapas.
  3. Sikat lembut. Gunakan sikat lembut setelah baby oil telah melunakkan cradle crap. Pengunaan sikat lembut ini sebaiknya dari depan kepala ke belakang agar baby oil tidak menetes atau terciprat ke wajah bayi.
  4. Ulangi. Ulangi sekali lagi dengan penggunaan baby oil yang disertai pemijatan lembut ketika terdapat cradle crap yang tebal dan membandel. Biarkan selama beberapa jam sebelum menyikatnya menggunakan sikat lembut. Jangan menyikatnya dengan kasar ketika terdapat cradle crap yang telah mengeras dan sangat sulit dibersihkan. Usap menggunakan kain yang telah dicelupkan pada air panas.
  5. Cuci dan bilas. Usai semua cradle crap telah terangkat dan bersih, segera cuci dan bilas kepala bayi menggunakan shampo bayi dan air hangat. Cukup gunakan washlap dan tidak perlu mengguyurnya agar bayi yang mungkin belum terbiasa keramas tidak kaget.

Bagaimana Cara Mengobati Cradle Crap pada BayiDemikianlah beberapa kiat dan tips tentang bagaimana cara mengobati cradle crap pada bayi yang bisa dilakukan oleh orangtua ataupun pengasuh bayi.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.