Apakah Penanganan Dini pada Bayi Autis Dapat Disembuhkan?

Menurut salah seorang pemerhati tumbuh-kembang anak pada sebuah diskusi parenting beberapa waktu yang lalu, dikatakan bahwa deteksi dini tumbuh kembang bayi dan balita terhadap kemungkinan terjadinya autisme, memang merupakan salah satu tindakan pencegahan atau preventif terhadap kemungkinan berkembangnya serangan autisme ini ketika tumbuh kembang bayi dan balita sudah mulai memasuki periode sekolah. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan juga bahwa melakukan penanganan yang tepat ketika autisme pada bayi dan balita ini ternyata terdeteksi semenjak dini, bisa jadi merupakan tindakan pengendalian anak yang dirasakan paling tepat.

Data dan Fakta

Untuk dapat lebih memahami tentang apakah penanganan dini pada bayi autis dapat disembuhkan atau tidak, ada baiknya menyimak beberapa data dan fakta yang berhubungan dengan autisme pada bayi dan balita sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Gangguan sistem syaraf. Menurut sebuah penelitian yang pernah dipublikasikan dan menjadi acuan sebagian besar tenaga medis, dikatakan bahwa terjadinya autisme pada bayi, balita dan anak disebabkan oleh terjadinya suatu mutasi protein tertentu dalam susunan sel syaraf di otak yang mengganggu kinerja sistem transfer data. Oleh karena itu, lazim apabila penderita autisme sering mengalami permasalahan perilaku dan kemampuan kognitif dalam menganalisa suatu permasalahan. Apabila pemicu autisme pada anak disebabkan oleh terjadinya gangguan pada sistem syaraf, maka bisa jadi penanganan dini pada bayi autis agar bisa sembuh atau mengalami perbaikan pola pikir dan perilaku sepertinya terlalu berlebihan.
  2. Gangguan sistem cerna. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan tentang hubungan antara asupan makanan tertentu dengan autisme pada bayi dan balita, dapat disimpulkan bahwa ternyata hampir sebagian besar penderita autisme pada anak, bayi dan balita mengalami masalah sistem cerna asupan makanan tertentu, terutama produk makanan yang mengandung casein atau protein susu, serta gluten atau protein tepung. Apabila asupan makanan ini menjadi penyebab anak mengalami autisme, maka penanganan dini pada bayi dan balita autis dengan mengurangi asupan roti ataupun susu formula, bisa jadi menyembuhkan autisme pada anak.

Apakah Penanganan Dini pada Bayi Autis Dapat Disembuhkan?Demikianlah beberapa data dan fakta mengenai beberapa faktor pemicu autisme pada bayi, balita dan anak, sehingga apakah penanganan dini pada bayi autis dapat disembuhkan atau tidak, pastinya bergantung kepada jenis faktor pemicu autisme itu sendiri.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.