Apakah Kanker Darah Pada Anak Dapat Disembuhkan?

Orang tua yang mengetahui anaknya mengidap leukemia pastilah bertanya, apakah kanker darah pada anak dapat disembuhkan? Jawabannya tentu saja bisa. Setiap orang tua hendaknya mengetahui apa saja penyebab dan ciri anak yang terkena leukemia atau kanker darah, sehingga jika terdapat gejala yang sama, anak akan mendapatkan pengobatan lebih dini dan anak bisa mendapatkan kesempatan untuk sembuh seperti sedia kala.

Penanganan kanker darah lebih dini sebelum stadium tinggi dan dengan penanganan yang tepat akan memberikan kesempatan kesembuhan semakin besar. Kanker darah atau yang biasa disebut dengan leukemia memang banyak sekali menyerang anak-anak. Leukemia menjadi momok menyeramkan bagi para orang tua, penyakit ini adalah salah satu penyakit mematikan yang sudah menyebabkan banyak anak meninggal. Perhatian orang tua sangat dibutuhkan untuk mendeteksi penyakit ini lebih dini. Anak tidak mengerti apa yang dia rasakan menyebabkan kanker yang menyerang anak sulit dideteksi. Sebaiknya orang tua memberikan pemahaman dan perhatian lebih kepada anak-anak mereka.

Bagaimana Cara Mengenali Leukemia?

Beberapa gejala yang biasa muncul pada penderita leukemia dan harus dikenali dengan baik untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin adalah , wajah terlihat lebih pucat, tubuh terasa lemah, munculnya demam yang tidak jelas sebabnya dan jika diberikan antibiotik demam tidak kunjung sembuh, terjadinya pendarahan yang tidak jelas penyebabnya, permukaan pada kulit berubah dan timbul lebam kebiruan walaupun tidak terbentur, timbulnya rasa nyeri pada anggota gerak atau pada persendian, perut terasa bengkak dan keras, dan terjadinya pembesaran pada kelenjar getah bening.

Jadi apakah kanker darah pada anak dapat disembuhkan? Jika anda mengenali betul ciri ini pada anak dan anak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat, maka leukemia dapat disembuhkan. Penyakit kanker darah ini dapat dilumpuhkan sebelum stadium yang tinggi. Jika memang Anda memperhatikan dan mengetahui cara mendiagnosa serta Anda menemukan ciri ini, sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagaimana Mencegah Kanker?

Pencegahan kanker pada anak sebaiknya dilakukan sebelum anak lahir, yaitu ketika ibu mengandung. Banyak hal yang dilakukan ibu dapat mempengaruhi kesehatan anak ketika lahir, karena itu sebaiknya semua ibu hamil memperhatikan semua yang dilakukan dan asupan makanan yang masuk kedalam perutnya. Ibu hamil sebaiknya tidak memakan makanan yang berpengawet, fast food, meminum obat-obatan, kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman keras, dan lain sebagainya. Ini akan sangat mempengaruhi kesehatan anak setelah lahir, bahkan bisa menyebabkan kanker. Ibu hamil hendaknya memakan makanan yang bergizi dan mengandung asam folat yang terbukti dapat mengurangi resiko kanker.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, slogan yang benar-benar harus diikuti demi kesehatan Anda. Lalu, apakah kanker darah pada anak dapat disembuhkan? Ya, leukemia dapat disembuhkan bila dideteksi sedini mungkin dan dilakukan mengobatan yang tepat.