Apakah Homeschooling Pilihan Tepat?

Semua keluarga homeschooling memiliki alasan sendiri mengapa homeschooling menjadi pilihan yang tepat bagi mereka. Salah satu alasan utama mengapa homeschooling telah menjadi seperti sebuah gerakan yang kuat adalah bahwa keluarga homeschooling tumbuh jauh lebih dekat dalam proses belajar, yang benar-benar sesuatu yang harus dihargai dalam dunia yang tampaknya telah kehilangan semua rasa nilai-nilai keluarga.

Alasan lain mengapa homeschooling telah menjadi segmen dengan pertumbuhan tercepat dari pendidikan adalah bahwa pelajar memiliki cara belajar lebih menyenangkan, dan karena itu lebih mungkin untuk menjadi pembelajar seumur hidup!

Homeschooling adalah pendidikan dengan cara non-tradisional dimana layaknya pendidikan umum yang ditemukan di sekolah negeri dan swasta. Dalam homeschooling, seorang anak diajarkan materi yang sama seperti para siswa yang bersekolah di sekolahan dengan sistem tradisional, sekolah negeri atau swasta. Meskipun homeschooling tidak memiliki struktur yang ketat ditemukan dalam pendidikan utama, bila dilakukan dengan benar,  anak homeschooling  dapat, tetap, mengembangkan diri menjadi orang yang menyeluruh berdasarkan pada suasana yang lebih alami dan menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Orangtua yang tidak familiar dengan homeschooling sering khawatir tentang jenis pengalaman belajar pada anak-anak homeschooling mereka. Sebaliknya, anak-anak yang belajar di rumah nilai-nilainya akan lebih baik ketika mereka mencapai perguruan tinggi. Persyaratan akademik anak-anak yang belajar di rumah tersedia di Departemen Pendidikan, orang tua homeschooling tidak perlu khawatir. Selain itu, ada kurikulum banyak online gratis untuk anak-anak belajar di rumah.

Perkembangan sosial juga merupakan salah satu kekhawatiran orang tua yang memiliki pada anak-anak homeschooling. Mereka takut bahwa anak-anak yang belajar di rumah tidak mendapatkan interaksi yang cukup dari rekan-rekan mereka dan dari masyarakat luar. Apa yang orang tua tidak tahu adalah bahwa anak-anak belajar di rumah dan orang tua homeschooling dapat bergabung dengan kelompok pendukung homeschooling.  Homeschooling bukan untuk orang tua lemah hati (tidak tegaan) karena membutuhkan dedikasi tinggi. Homeschooling membutuhkan banyak waktu, kesabaran dan kreativitas dari orangtua. Bagi orang tua yang bekerja di luar rumah, homeschooling mungkin lebih sulit dari yang dipikirkan.

Pilihan homeschooling  bukanlah keputusan yang mudah. Ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan matang-matang ketika memutuskan untuk menjalani homeschooling.

Antara lain :

  1. Persyaratan homeschooling
  2. Support group
  3. Menyiapkan lingkungan belajar di  rumah
  4. Menyiapkan schedule belajar
  5. Menyiapkan kurikulum

Jika semua persyaratan dipenuhi, tentunya homeschooling menjadi lebih menenangkan. Terlebih karena anak-anak berada di tangan yang tepat.