Apa saja Permainan Bayi 8-12 Bulan dan Manfaatnya?

Apakah anda ingin mengetahui Permainan Bayi 8-12 Bulan dan Manfaatnya? Bayi yang dirangsang dengan baik akan memiliki perkembangan yang lebih baik daripada bayi yang tidak dirangsang. Banyak sekali jenis permainan yang bisa membantu ayah bunda untuk merangsang perkembangan bayi usia 8 sampai 12 bulan. Bayi memiliki perkembangan yang sangat penting yang akan mempengaruhi perkembangan seterusnya, karena itu sebaiknya ayah dan bunda terus memberikan rangsangan dan semua hal yang dibutuhkan untuk perkembangannya.

Permainan bayi umur 8 sampai 12 bulan hanyalah permainan sederhana yang tidak membutuhkan banyak mainan. Beberapa permainan memang membutuhkan mainan, namun tidak banyak. Beberapa mainan yang biasa digunakan adalah mainan yang bisa digantung dan bergerak, bola, cermin, dan lain sebagainya. Alat bantu ini akan membantu ayah bunda untuk merangsang perkembangannya.

Contoh permainan

Beberapa permainan yang bisa ayah dan bunda lakukan adalah:

  1. Memberikan sentuhan menggelitik kepada bayi. Permainan ini bisa dilakukan untuk anak usia 0 sampai 4 bulan. Permainan ini akan memperkenalkan bayi dengan sensasi sentuhan yang berbeda.
  2. Menggantung mainan yang bisa bergerak diatas bayi atau diatas tempat tidur bayi. Mainan ini akan merangsang kepekaan penglihatan bayi serta melatih fokus penglihatannya. Mainan ini juga bisa menstimulasi perkembangan kognitif bayi. Dengan melihat mainan ini, bayi akan bergerak, biasanya tangan dan kakinya akan dihentakkan, kerena itu mainan ini bisa melatih koordinasi antara mata dan tangan serta koordinasi mata dengan kaki.
  3. Kemudian anda juga bisa mengajaknya bercermin. Bercermin akan membuatnya mengenali dirinya secara fisik dan mengajarkan untuk melihat dengan fokus pada satu objek. Permainan Bayi 8-12 Bulan dan Manfaatnya akan membuat bayi anda lebih aktif dan memberikan rangsangan yang tepat sesuai dengan perkembangannya.
  4. Memainkan cilukba atau menyembunyikan mainan dan memunculkannya kembali. Permainan ini bisa mengajarkannya untuk dapat melihat dengan fokus dan mengenalkan sebab akibat kepadanya.
  5. Ayah dan bunda juga bisa mengajaknya mengobrol, walaupun sepertinya mereka tidak mengerti, sebenarnya bayi bisa mengerti apa yang kita katakana dengan garis wajah yang nampak. Dengan bercerita, ayah dan bunda akan memberikan kehangatan dan kedekatan hubungan dengan bayi.

Manfaat Permainan Pada Bayi

Bayi membutuhkan permainan bersama ayah bundanya untuk merangsang pertumbuhannya dan memberikan kehangatan hubungan antara bayi dan orangtua. Bayi yang selalu mendapatkan rangsangan akan berkembang dengan baik, yang terpenting adalah anda mengetahui bagaimana cara merangsang yang benar dan sesuai dengan umurnya. Permainan ini sangat sederhana, sehingga siapapun dapat melakukannya. Jika ayah atau bunda tidak memiliki banyak waktu untuk bayi, sebaiknya luangkanlah lebih banyak waktu untuknya. Karena bayi sangat membutuhkan ayah dan bundanya untuk dapat berkembang dengan baik dan terciptanya hubungan yang harmonis.

Masih banyak sekali jenis permainan bayi yang bisa anda lakukan. Permainan Bayi 8-12 Bulan dan Manfaatnya akan sangat membantu ayah dan bunda untuk mendapatkan cara yang tepat untuk merangsang bayi sesuai dengan pertumbuhannya pada setiap bulan dan lakukanlah rangsangan yang berbeda setiap harinya.