Apa saja Permainan Bayi 0-4 Bulan dan Manfaatnya?

Permainan Bayi 0-4 Bulan dan Manfaatnya untuk perkembangan bayi sangat penting untuk anda ketahui. Banyak permainan yang bisa membantu perkembangan anak usia 0 sampai 4 bulan. Bayi usia 0 sampai 4 bulan belum bisa melakukan banyak hal, karena itu anda bisa merangsangnya untuk melakukan sesuatu atau merasakan sesuatu. Bayi yang memiliki orangtua cerdas dan mengetahui banyak hal tentang bagaimana merangsang perkembangan bayi, akan memiliki perkembangan yang lebih baik. Bayi sangat membutuhkan orangtuanya untuk lebih cepat tumbuh dengan makanan bergizi, kasih sayang, dan rangsangan. Rangsangan ini dapat melalui gerakan orang tua atau mainan. Banyak sekali mainan yang bisa merangsang motorik bayi atau perkembangan penglihatan dan perkembangan lainnya yang terjadi pada bayi.

Merangsang Penglihatan Anak Usia 0 Sampai 4 Bulan

Bayi umur 0 sampai 4 bulan memiliki perkembangan penglihatan. Ayah dan bunda harus membantu perkembangan ini agar penglihatan anak bertambah baik. Untuk merangsang penglihatan anak, ayah bunda bisa melakukan memfokuskan gerakan visual. Ayah bunda bisa membeli mainan gantung yang bergerak yang digantung diatas tempat tidur bayi. Mainan yang berwarna warni dan bergerak akan merangsang penglihatan bayi. Anak usia ini juga mulai mengenal tekstur benda, bunda bisa mengenalkan beberapa mainan yang berbentuk kasar dan halus. Berikanlah mainan ini kepadanya. Anda juga bisa memberikan sentuhan lembut atau sentuhan geli kepadanya. Setelah berusia 2 bulan sampai 4 bulan, anda bisa melatih keseimbangannya dengan berguling bersama bola. Bola yang digunakan untuk berguling sebagai Permainan Bayi 0-4 Bulan dan Manfaatnya adalah membangun kepercayaan diri anak, yaitu dimana anak percaya bahwa dia bisa berguling. Anak usia ini biasanya sudah bisa tengkurap sendiri dan bisa berguling. Dengan berguling, bayi akan belajar menguatkan otot penyangga kepala dan bahunya.

Permainan untuk bayi

Bukan hanya anak-anak yang membutuhkan permainan, bayi juga membutuhkan permainan untuk membuatnya lebih aktif, untuk merangsang pertumbuhan, dan merasakan kasih sayang. Anda bisa menciptakan permainan sendiri untuk bayi anda, permainan disini tidaklah seperti permainan yang biasa dimainkan anak-anak, namun hanya permainan sederhana seperti gerakan kecil, atau sentuhan lembut, karena memang belum banyak hal yang bisa dilakukan oleh bayi umur 0 sampai 4 bulan.

Beberapa permainan yang bisa dilakukan adalah berguling dengan bola, menggelitik atau menyentuh bayi dengan lembut, memberikan mainan dengan berbagai tekstur untuk mengenalkan berbagai macam tekstur kepadanya, memasangkan mainan warna warni yang bergerak diatas kasurnya, dan lain sebagainya. Permainan ini memang sederhana, tetapi bermanfaat banyak untuk perkembangan bayi. Ayah dan bunda bisa melakukan rangsangan yang berbeda setiap harinya, sehingga perkembangan bayi lebih baik.

Ayah dan bunda sebaiknya bekerja sama membangun perkembangan bayi agar maksimal, bayi yang selalu mendapat rangsangan akan lebih mudah tumbuh dan berkembang. Tentu saja dengan bantuan makanan yang bergizi dan seimbang. Selain perkembangan, permainan yang dilakukan untuk bayi bisa membuat bayi merasa lebih dekat dengan ayah dan bundanya. Permainan Bayi 0-4 Bulan dan Manfaatnya sangat besar.