Apa Penyebab Bayi Seringkali Menangis Dan Bagaimana Menanganinya?

Memiliki momongan memang menyenangkan di atas segala kerepotan yang mungkin ditimbulkan dari keberadaan bayi tersebut. Dalam banyak kondisi ditemukan bayi yang sering sekali menangis. Orang tua harus sadar betul mengenai mengapa bayi sering menangis dan bagaimana cara menanganinya.

Mengapa bayi seringkali menangis? Dan bagaimana menanganinya? Berikut adalah penjelasannya.

  1. Mencari penyebab bayi menangis
    Setiap kejadian tentunya disebabkan oleh adanya faktor penyebab, demikian pula dengan menangisnya seorang bayi. Ketika bayi yang ada di gendongan atau pangkuan orang tua sedang menangis, maka orang tua harus mencari tahu penyebab bayi menangis ini. Orang tua harus jeli untuk melihat kondisi dan setiap hal dari keadaan tubuh si bayi. Karena pastinya, dalam hal tersebut ada penyebab yang membuat bayi menangis.
  2. Memberikan rasa nyaman dan ketenangan bagi bayi
    Setelah mengetahui penyebab dari bayi yang sering menangis maka tindakan selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyingkirkan penyebab tersebut atau menghilangkannya dari keberadaan si bayi. Misalnya bayi menangis karena ternyata popoknya sudah penuh. Maka sesegera mungkin orang tua harus mengganti popok bayi dengan yang baru. Jika memang masih menangis maka orang tua dapat memberikan rasa nyaman bagi si bayi dengan menggendong ataupun mengayunnya dengan lembut. Hal ini adalah untuk memberikan rasa tenang bagi si bayi. Sehingga bayi akan merasa nyaman dan tak menangis lagi.
  3. Sabar dalam menghadapi tangisan si bayi
    Hal ini terutama haruslah dilakukan dan dirasakan oleh si ibu, karena ikatan ibu dan bayi begitu kuat dibandingkan dengan orang lain. Ketika bayi seringkali menangis, ibu harus tetap tenang dan sabar dalam menghadapi setiap tangisan bayi. Karena jika ibu ikut menjadi terganggu pikirannya atau tidak tahan dengan rengekan bayi maka bayi tak akan menjadi diam atau terhenti tangisannya. Justru tangisan bayi akan menjadi-jadi seiring dengan emosi ibu yang semakin naik.

Memang tidak mudah untuk menghadapi bayi yang suka menangis. Namun dengan sikap tenang dan sabar paling tidak akan memberikan aura ketenangan dan kenyamanan bagi si bayi. Semoga sedikit ulasan ini mampu membantu para bunda mengenai masalah mengapa bayi seringkali menangis dan bagaimana menangainya. Semoga membantu.