Apa itu Obesitas pada Anak?

Di masyarakat kita, kebanyakan orang tua merasa sangat senang jika anak mereka tergolong sebagai anak yang gemuk. Dengan banyak usaha dilakukan untuk membuat anak tampak menjadi anak yang gemuk. Padahal, kegemukan yang dimiliki oleh si anak tidak selalu mencerminkan kesehatan. Justru, jika tingkat gemuk ini berlebih akan membuka peluang anak mengalami obesitas. Lalu, apa itu obesitas pada anak?

Obesitas dapat didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki berat badan di atas standar normal. Hal ini dapat diukur dengan komponen berat badan dan juga tinggi seseorang. Kedua komponen inilah yang akan menghasilkan angka sebagai indeks massa tubuh. Jika seseorang memiliki indeks massa tubuh yang jauh di atas normal maka keadaan inilah yang akan menyebabkan dirinya mengalami apa yang disebut dengan obesitas.

Lalu, apa itu obesitas pada anak? Seorang anak dikatakan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan jika memang berat badan yang ia miliki diukur berdasarkan tinggi badan. Jika hasil yang ditemukan adalah angk  yang berada di atas 25 maka dapat dipastikan seseorang atau anak tersebut mengalami diabet.

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab dari seorang anak untuk mengalami obesitas ini. misalnya adalah kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan oleh si anak di dalam kesehariannya. Kebanyakan anak yang hanya suka untuk duduk di depan televisi tanpa melakukan aktivitas keaktifan akan memiliki lebih banyak peluang untuk menjadi anak dengan obesitas.

Atau hal lain yang akan menjadi penyumbang terbesar kemungkinan untuk menjadi mengalami obesitas adalah bahwa pola makan yang diterapkan kepada si anak tidaklah sehat. Anak hanya banyak makan makanan yang mengandung lemak dnegan kombinasi gizi dan nutrisi yang kurang berimbang. Penyebab umum lainnya dari obesitas ini bisa jadi adalah kombinasi beberapa faktor ini, di mana faktor genetis juga masih memungkinkan seorang anak untuk menjadi obesitas.

Untuk menjawab pertanyaan, apa itu obesitas pada anak? Tidaklah selalu mengacu pada anak yang memiliki bentuk tubuh yang besar. Semuanya hanya dapat diketahui secara pasti dengan mengikur indeks massa tubuh anak tersebut.