Aneka Permainan Sesuai Tahap Usia Perkembangan Bayi

Masa kecil adalah masa bermain. Apalagi yang kita harapkan dilakukan oleh seorang bayi selain tidur, makan, dan bermain? Tapi, jangan anggap enteng waktu bermain bayi. Waktu bermain bayi yang dimanfaatkan dengan tepat akan mempengaruhi kemampuan kognitif bayi kelak. Salah satu yang harus diperhatikan dari waktu bermain seorang bayi adalah jenis permainannya. Aneka permainan sesuai tahap usia bayi perlu diperhatikan karena ada beberapa aspek penting yang tak boleh dilewatkan.

Pada saat bayi masih berumur antara 0-6 bulan, biasanya bayi mengalami masa berkenalan. Ia mencoba mengenali bentuk, warna, suara, dan segala hal yang berhubungan dengan indranya. Oleh karenanya, permainan yang tepat untuk bayi pada usia ini adalah permainan yang merangsang kemampuannya merasa dan mengenali dengan indranya. Contohnya adalah mainan yang bisa mengeluarkan suara seperti kerincingan atau mainan dengan musik. Pilihlah permainan dengan warna yang terang agar ia juga dapat mengenali warna lebih banyak. Namun, perhatikan keamanan permainan yang Anda pilih. Apakah sangat kecil hingga bisa tertelan bayi? Atau amankah bila terjilat oleh bayi?

Beranjak tumbuh, bayi umur 6-12 bulan biasanya akan sangat aktif. Mereka menjadi tidak bisa diam. Pada usia ini, biasanya bayi akan senang dengan permainan yang bersifat menunjukkan hasil. Misalnya saja ia akan memindahkan barang-barang untuk melihat apa hasilnya nanti. Maka Anda dapat memilih jenis permainan yang membuatnya sibuk berkreasi. Boneka bukan lagi menjadi satu dari aneka permainan sesuai tahap usia bayi 6-12 bulan karena ia tidak bisa melakukan banyak hal dengan boneka. Bahkan bisa saja ia akan merusak bonekanya untuk melihat apa yang akan terjadi bila ia melakukan sesuatu pada bonekanya tersebut.

Orang tua perlu memperhatikan aneka permainan sesuai tahap usia bayi. Akan tetapi orang tua juga perlu ingat bahwa setiap bayi tentu berbeda. Bisa saja bayi Anda kurang tertarik dengan permainan yang Anda pilih. Untuk itu, Anda harus lebih kreatif dalam mengajaknya bermain dengan mainan yang Anda pilih. Selain itu, selalu perhatikan label peringatan dalam mainan yang Anda beli. Karena bagaimanapun, kita harus memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembangnya.