Anak Sakit Kembung

Perut terasa kembung atau flatulen pada anak, sebenarnya bukanlah suatu jenis penyakit, melainkan gejala penyakit perut. Perut kembung terjadi karena terlalu banyak udara atau gas yang dihasilkan oleh lambung ataupun usus. Kandungan udara atau gas dalam jumlah yang besar atau banyak, akan menimbulkan ruang kosong yang besar pula pada lambung atau usus, sehingga harus dikeluarkan. Pengeluaran gas pada anak sakit kembung, sebagian besar dikeluarkan lewat anus berupa kentut, atau bisa juga dikeluarkan lewat mulut melalui sendawa.

Besarnya kadar gas atau udara pada perut atau lambung, sebagian besar disebabkan oleh asupan makanan yang banyak mengandung gas, seperti sawi putih dan kol, atau bisa disebabkan karena aktifitas bakteri dalam usus besar. Kebiasaan makan terburu-buru juga bisa memicu terproduksinya gas dalam jumlah yang besar pada usus.

Anak sakit kembung dan jenis penyakitnya

Sakit kembung pada anak sebenarnya tidak membahayakan, namun apabila anak sakit kembung disertai gejala lain, itulah yang bisa membahayakan. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang diiringi dengan sakit kembung pada anak, sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Intoleransi laktosa. Sakit kembung diiringi dengan muntah atau sakit perut secara spontan atau langsung sesaat setelah mengkonsumsi susu atau jenis olahannya.
  • Maag. Sakit kembung diiringi dengan rasa nyeri pada daerah ulu hati, mual dan muntah.
  • Sembelit. Sakit kembung diiringi dengan keluhan BAB yang sukar dilakukan, nyeri di sekitar pusar dan di bawah pusar.
  • Gangguan pada usus. Sakit kembung diiringi dengan nyeri mendadak di bawah pusar dan menjalar ke kedua sisi pusar.
  • Penyakit crohn. Sakit kembung diiringi dengan nyeri perut bagian bawah, demam, mual atau muntah.

Beberapa jenis gejala lain yang mengikuti anak sakit kembung diatas kiranya dapat dijadikan pertimbangan untuk segera mengambil tindakan medis. Sakit kembung memang bukanlah suatu penyakit, namun merupakan gejala sampingan akibat penyakit perut yang diderita. Segera kunjungi pihak medis apabila gangguan perut kembung diiringi dengan kram perut bagian bawah. Semoga bermanfaat.