Anak-Anak yang Beresiko Obesitas

Obesitas pada anak merupakan satu masalah yang harus diwaspadai karena tidak hanya merugikan bagi kesehatan, tetapi juga mengganggu prestasi belajar, emosional, dan juga sosialnya. Saat ini, obesitas pada anak terjadi akibat gaya hidup yang tidak seimbang, diantaranya pola makan tidak sehat, jarang olahraga, cenderung menyukai permainan yang pasif (televisi, playstation, game), dan lain-lain.

Obesitas dapat menyebabkan beberapa jenis komplikasi pada kesehatan anak, diantaranya asma, diabetes, gangguan jantung, penyakit kulit, hipertensi, susah tidur, dan lain-lain. Nah, mengingat banyaknya dampak negatif pada anak-anak yang mengalami obesitas, maka ada baiknya Anda mengetahui anak-anak yang beresiko obesitas. Dengan mengetahui penyebab dan apa saja yang menyebabkan anak obesitas, maka diharapkan Anda bisa mencegah terjadinya obesitas pada anak lebih dini.
Adapun yang menjadi penyebab obesitas pada anak,  diantaranya :

  1. Masalah gangguan hormonal
  2. Faktor keturunan, dan lain-lain.
  3. Kebiasaan memberian makanan tinggi kalori pada anak ketika mereka masih kecil
  4. Pemberian susu formula dengan takaran yang salah (terlalu kental, terlalu manis, dan tinggi kalori) yang menyebabkan anak/bayi merasa kehausan
  5. Membiarkan anak mengonsumsi makanan yang tidak sehat (fastfood, makanan instan, dan lain-lain)
  6. Kurangnya aktivitas fisik pada anak

Nah, Anda sudah tahu apa saja yang menjadi penyebab dari obesitas pada anak, kini saatnya menjawab rasa penasaran Anda tentang siapa saja anak-anak yang beresiko obesitas, untuk itu simak penjelasan dibawah ini :

  • Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Preventive Medicine membuktikan bahwa, keberadaan televisi pada kamar tidur anak-anak bisa meningkatkan resiko obesitas.
  • Sebuah penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Nutrition and Diabetes, menyebutkan bahwa anak tunggal memiliki resiko mengalami obesitas lebih besar daripada mereka yang memiliki saudara.
  • Penelitian yang dikutip dari Daily Mail, menyebutkan bahwa anak-anak yang dititipkan di tempat penitipan anak memiliki resiko lebih besar¬† mengalami obesitas.
  • Anak dari orang tua yang mengalami obesitas memiliki resiko tinggi untuk mengalami obesitas.
  • Studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Epidemiology, menyebutkan bahwa Anak-anak perempuan memiliki resiko lebih tinggi mengalami obesitas.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda semua.