Amankah Operasi Usus Buntu Saat Hamil?

Apakah Operasi Usus Bantu Saat Hamil berbahaya dan mungkin untuk dilakukan? Usus buntu bisa terjadi kapan saja, termasuk pada saat seorang wanita mengandung. Jika operasi usus buntu harus dilakukan segera, maka tidak menutup kemungkinan calon ibu untuk mendapatkan prosedur operasi usus buntu tanpa menunggu proses persalinan. Operasi usus buntu bisa dikatakan sebagai operasi yang paling umum pada ibu hamil. Memprediksi usus buntu pada saat kehamilan memang bisa dikatakan cukup sulit karena gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan gejala pada ibu hamil.

Usus Buntu saat Hamil

Sangat penting untuk melakukan pengecekan akan kemungkinan terjadinya usus buntu pada saat hamil karena semakin lama ibu hamil menunda pengecekan atau operasi, komplikasi usus buntu bisa semakin parah. Jika hal ini terjadi, maka resiko keguguran juga akan lebih tinggi, jadi jangan sepelekan gejala usus buntu pada saat kehamilan. Biasanya resiko terbesar terjadi pada trimester ketiga. Operasi Usus Bantu Saat Hamil pada periode ini tidak terlalu beresiko jika ditangani dengan benar dan menggunakan antibiotik yang tepat. Gejala paling umum adalah rasa sakit pada bagian perut bagian kanan bawah. Sekitar 70% wanita hamil tidak merasakan demam.

Operasi Usus Buntu saat Hamil

Jika ibu hamil harus menjalani operasi usus buntu pada trimester pertama atau kedua, prosedur yang kemungkinan besar dipakai adalah laparoscopy. Di sisi lain, jika calon ibu harus menjalani operasi pada trimester ketiga, maka pembedahan yang lebih besar harus dilakukan. Monitoring pada janin juga harus dilakukan, begitu juga dengan CT Scan.

Semakin dewasa usia kehamilan, semakin sulit proses operasi yang harus dilakukan. Setelah operasi, sekitar 80% wanita akan mengalami kontraksi awal, tapi hanya sekitar 5-14% wanita hamil melahirkan lebih awal setelah prosedur operasi tersebut. Dikarenakan efek usus buntu yang bisa cukup mempengaruhi kesehatan janin, maka ibu hamil disarankan untuk memperhatikan adanya kemungkinan gejala usus buntu supaya dapat ditangani secepatnya. Dengan penanganan yang cepat, maka berbagai resiko juga dapat ditekan. Operasi usus buntu pada masa kehamilan terbukti aman dan tidak akan mengganggu kesehatan janin. Pastikan untuk memilih dokter yang tepat dan profesional untuk melakukan proses operasi.

Pada saat ibu mengetahui adanya kehamilan, sebaiknya mulai melakukan pengecekan akan adanya kemungkinan masalah pada usus buntu agar dapat ditangani dengan segera. Saat kehamilan masih kecil, maka resiko operasi juga lebih kecil dan prosedur Operasi Usus Bantu Saat Hamil juga lebih sederhana.