Alergi Debu dan Kesehatan THT

Alergi adalah suatu kelainan kondisi tubuh dalam beradaptasi dengan zat atau kondisi lingkungan.  Kondisi ini sering terjadi pada sebagian besar orang dengan reaksi dan tingkat serta jenis alergi yang berbeda.  Salah satunya adalah alergi debu. Alergi debu pada setiap orang menimbulkan gejala yang berbeda-beda, namun pada umumnya alergi debu menunjukkan gejala gatal-gatal dan ruam merah, bersin-bersin, batuk, eksim, sinusitis, bengkak di bawah mata dan gangguan pernafasan.  Alergi debu umumnya muncul karena debu-debu rumah seperti saat membersihkan rumah, atau membersihkan perabot rumahtangga.

Alergi debu dan kesehatan THT memiliki pengaruh yang signifikan.  Umumnya para penderita alergi debu sering mengalami gangguan pada kesehatan THT, karena secara umum alergi debu menimbulkan gangguan pada telinga hidung dan tengggorokan serta saluran pernafasan.  Biasanya penderita alergi debu akan diberi semacam antihistamin untuk meredakannya bukan menyembuhkan.  Sebab gejala alergi ini memang tidak bisa disembuhkan namun bisa dihindari kemunculannya dan diredakan. Bila faktor pencetusnya muncul maka gejala alergi akan muncul sebagai suatu reaksi wajar dari tubuh. Alergi debu yang terlalu sering muncul tentu akan sangat mengganggu karena tentunya menimbulkan gangguan pada kesehatan THT seperti pilek yang berlangsung terus menerus dan menyebabkan tubuh tidak nyaman, batuk yang tidak berhenti dan dapat menimbulkan luka pada tenggorokan hingga gangguan pendengaran akibat pilek yang terus menerus.

Gangguan yang terjadi pada hidung akan mempengaruhi kondisi telinga dan tenggorokan.  Sehingga alergi debu dan kesehatan THT menjadi suatu keadaaan yang mengandung unsur sebab akibat dan harus segera diatasi, jangan samapai berlarut-larut agar tidak terjadi gangguan pada THT.

Alergi debu dapat dicegah dengan cara:

  1.  Menjaga kebersihan rumah dan perabot rumah dari debu-debu halus.  Salah satu caranya adalah dengan mencuci sprei dan menggantinya  2 hari sekali
  2. Membersihkan karpet, selimut dan boneka agar tidak menjadi tempat menumpuknya debu.
  3. Menggunakan masker setiap kali membersihkan rumah, keluar rumah dan melakukan aktivitas yang dapat memicu alergi
  4. Menjaga sirkulasi udara dalam rumah dan memakai dehumidifier