Aktivitas Fisik Untuk Anak Balita 1-3 Tahun

Anak membutuhkan aktivitas fisik agar syaraf motoriknya berkembang dengan baik. Aktivitas fisik untuk anak balita 1-3 tahun biasanya berupa permainan sederhana seperti menendang bola, bermain balok susun, atau menyusun lego. Beberapa anak umur 1 tahun belum bisa berjalan, aktifitas fisik yang baik untuknya adalah melatih otot kaki agar bisa berjalan secepatnya. Penggunaan baby walker sebenarnya tidak baik untuk perkembangan anak. Jika anda memang ingin melatih anak anda berjalan, bantu dia dengan memegangi kedua tangannya (titah). Cara ini baik untuk melatih motorik kaki anak agar cepat berjalan. Bagi anak umur 2 tahun, biasanya sudah bisa berlari dan melompat. Aktivitas fisik yang baik untuk melatih perkembangan motoriknya adalah menendang bola dan melompat mengambil mainan. Anak umur 3 tahun sudah mulai berkembang di semua syaraf motoriknya. Latihan memasukkan bola ke dalam gawang akan melatih motorik dan konsentrasinya.

Melempar, Menangkap Dan Menendang Bola

Beberapa mainan yang bisa membantu perkembangan motorik anak misalnya bola. Bola bisa dimainkan anak yang sudah bisa berjalan. Bola bisa melatih motorik tangan dan kaki. Untuk melatih motorik tangan, anda bisa mengajarkan anak anda untuk melempar bola. Bola lempar dengan bola tendang tentu saja berbeda, bola lempar sebaiknya lebih ringan, karena otot tangan anak belum terlalu kuat untuk melempar bola yang terlalu berat. Mulailah dengan mencontohkan dengan melemparkan bola kepadanya, kemudian mintalah dia untuk melempar bola kepada anda. Ajarkan juga menangkap bola dengan benar. Aktivitas fisik untuk anak balita 1-3 tahun dapat melatih motorik tangan pada anak. Anak yang sudah bisa berjalan biasanya juga bisa menendang, walaupun hanya tendangan kecil. Latihlah dia untuk menendang bola dan mengoper bola dengan tendangan kepada anda.

Melompat Dan Berputar

Anak akan sangat menyukai aktifitas ini. cobalah untuk membuat mainan tergantung di pintu atau di tempat lain. Suruhlah dia menyentuhnya dengan melompat. Semangati terus agar dia dapat menyentuh mainan itu. Berikanlah ekspresi gembira dan tepuk tangan jika dia berhasil mengenai mainan itu. Dia akan merasa senang dan ingin mengulangi permainan itu. Berputar adalah salah satu gerakan yang disukai anak-anak, ajarkan mereka berputar, namun dengan putaran yang lambat. Anak akan merasa sangat senang dan berputar lebih cepat. Jika dia melakukannya, peganglah tubuhnya dan ajarkan berputar dengan perlahan. Semua ini adalah cara untuk melatih motorik dengan aktivitas fisik untuk anak balita 1-3 Tahun.