Agar Bayi Tetap Tidur Nyaman di Musim Panas

Kerap kali bayi menjadi gelisah jika sudah musim panas. Cuaca yang tidak bersahabat untuk berbalut selimut. Keringat yang terus mengucur membuat bayi Anda tidak nyaman untuk tidur. Mereka menjadi gelisah karena suhu panas.

Tips Agar Bayi Tetap Tidur Nyaman di Musim Panas

Tanpa mengenal musim apapun, seorang bayi membutuhkan jadwal tidur yang jauh lebih lama dibandingkan orang dewasa.

1. Gunakan Pelapis Kasur yang Dingin

Cek kasur yang digunakan oleh bayi Anda, apakah lapisannya kain yang panas atau tidak? Jika kain yang digunakan kain yang membuat mereka panas, sebaiknya segeralah diganti.

2. Buka Jendela

Buka saja jendela kamar si bayi, agar angin sepoi-sepoi bisa masuk ke dalam ruangan. Namun tetap lindungi bayi Anda dari debu dan nyamuk dengan memasang filter udara di jendela.

3. Jangan Menyelimutinya

Menyelimutinya hanya membuat bayi Anda bertambah panas dan gelisah. Singkirkan selimut namun tetap gunakan baju bertangan dan berkaki panjang untuk menghindarkannya masuk angin.

4. Pakaikan Baju yang Menyerap Keringat

Baju dengan bahan katun menjadi pilihan bagi bayi Anda. Bahan katun menjadi penyerap keringat di musim panas. Bayi yang sedang tidur biasanya mengeluarkan keringat jauh lebih banyak dibandingkan biasanya, maka pakaian katunnya akan membuat dia tetap merasa nyaman.

5. Gunakan Warna Ruangan yang Menyejukkan

Warna kamar akan memengaruhi suasana tidurnya, dalam cuaca yang panas, gunakan warna ruangan yang menyejukkan seperti hijau muda atau warna pastel lainnya.

6. BerikanAir Minum yang Cukup

Agar tidak merasa kering dan gelisah, berikan cairan yang cukup. Jika bayi Anda masih di bawah usia 6 bulan, maka cukupkan ASI yang dia minum sehingga tubuhnya bisa tetap terjaga kelembapannya.

Nah, cuaca panas jangan mengurangi jadwal tidur bayi Anda. Cuaca panas tetap harus membuatnya tidur dengan nyaman. Kuncinya adalah Anda harus lebih ekstra memerhatikan kondisi kenyamanan tidurnya.