6 Bulan Persiapan Sebelum Merencanakan Kehamilan

Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, ibu harus merencanakan kehamilan dengan baik, seperti konsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu untuk memastikan kesiapan kesehatan ibu, mendapatkan pengarahan mengenai proses kehamilan, dan mengetahui nutrisi apa saja yang harus dikonsumsi guna menyiapkan kehamilan yang sehat. Kesemua proses tersebut berguna untuk mempersiapkan rahim ibu dalam menerima kehidupan baru di dalam rahimnya.

Kehamilan bukanlah hal yang main-main karena itu, diperlukan persiapan khusus untuk menyambut kehamilan, setidaknya 6 bulan sebelum kehamilan berlangsung. Lalu, apa sajakah yang bisa dilakukan selama 6 bulan persiapan sebelum merencanakan kehamilan? Berikut ini merupakan hal penting yang harus dipersiapkan sebelum kehamilan:
1.    Memperkaya pengetahuan seputar kehamilan, kelahiran, dan perawatan bayi dari berbagai sumber, missal : internet, orang tua, majalah, dan lain-lain.
2.    Konsultasi ke dokter kandungan untuk dilakukan cek kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat penyakit dalam tubuh istri dan suami, misalnya diabetes, virus toksoplasma, tekanan darah tinggi, dan lain-lain yang dapat mempengaruhi kehamilan. Jadi, untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, suami istri harus memastikan bahwa mereka sehat.
3.    Meningkatkan pola hidup sehat dan menghindari kebiasaan buruk, missal : merokok, minum alkohol, konsumsi obat-obatan berbahaya, terlalu stress, dan lain-lain.
4.    Mulai mengonsumsi vitamin, misalnya asam folat. Asam folat penting untuk mencegah bayi lahir dengan cacat seperti, kelainan pada tulang belakang, kelainan otak.
5.    Pastikan berat badan ideal karena berat badan berlebih atau kurang sangat mempengaruhi kesuburan Ibu. Jadi, lakukan olah raga teratur dan konsumsi makanan bergizi seimbang untuk menjaga berat badan.
6.    Persiapkan diri, baik secara fisik dan mental dalam menghadapi berbagai perubahan emosi akibat perubahan hormonal. Perubahan hormonal selama hamil akan mempengaruhi kondisi emosi ibu hamil. Dengan kesiapan yang cukup,  maka suami dan istri akan mudah menghadapi masa ini.
7.    Mulai olah raga guna menyiapkan kondisi fisik ibu, karena selama kehamilan, tubuh ibu akan bekerja lebih keras untuk menjamin kesejahteraan janin di kandungan.

Dengan memahami 6 bulan persiapan sebelum merencanakan kehamilan di atas, diharapkan para calon orang tua siap menghadapi kehamilan dan berhasil mendapatkan kehamilan yang sehat.